“Memberikan Pelatihan Level Selanjutnya kepada Siswa Sasaran melalui aplikasi Duolinggo dan Melakukan Evaluasi Ketiga untuk siswa Sasaran Menggunakan aplikasi Quizziz”

Menginjak minggu ketiga pelaksanaan KKNbD Undiksha, penulis kembali melakukan 2 (dua) kegiatan untuk membantu siswa sasaran meningkatkan skill Bahasa Inggris mereka. Pada minggu ketiga ini, penulis melakukan kegiatan pada Jumat, 23 s.d. Minggu, 25 Juli 2021. Kegiatan minggu ketiga ini dimulai pada hari Jumat, 23 Juli, dimana pada tanggal ini penulis melanjutkan untuk memberikan pelatihan melalui Duolinggo kepada siswa sasaran. Jadi, penulis memberikan informasi untuk mengerjakan pelatihan pada Duolinggo pada bagian “Cek Poin 2” yang mana memuat soal-soal mengenai kosa kata (vocabulary), informasi ini penulis berikan pada WhatsApp Group pada pukul 08.20 WITA. Sama seperti minggu kedua, pengerjaan latihan ini diberikan waktu hingga keesokan harinya yaitu pada Sabtu, 24 Juli mengingat pelatihan yang ada lebih banyak dibandingkan dengan “Cek Poin 1” yaitu sejumlah 12 (dua belas) pelatihan. Untuk membuktikan bahwa siswa sasaran sudah mengerjakan maka penulis meminta siswa sasaran untuk mengirimkan bukti berupa screenshot hasil pelatihan mereka yang ditandai dengan level-level pada “Cek Poin 2” sudah berwarna yang menyatakan bahwa level yang ada sudah terbuka, selain itu penulis meminta kepada salah satu siswa sasaran untuk melakukan screen record saat mengerjakan soal-soal pelatihan yang ada.

Kegiatan minggu ketiga diakhiri pada Minggu, 25 Juli 2021, dimana penulis kembali melihat perkembangan siswa sasaran dengan memberikan kuis yang dilakukan melalui aplikasi yang masih sama seperti minggu-minggu sebelumnya yaitu Quizziz. Penulis memberikan kuis pada pukul 19.00 WITA, yang mana kuis ini dilakukan dengan sistem “Live Quiz” lagi dimana semua siswa mengerjakan secara bersamaan soal-soal yang ada. Soal-soal yang diberikan masih sama dengan kuis-kuis sebelumnya yang berjumlah 15 butir soal pilihan ganda mengenai kosa kata (vocabulary) yang berhubungan dengan pelatihan yang sudah mereka kerjakan sebelumnya seperti vocabulary mengenai kata sifat (adjective), masyarakat (people), benda (thing), tempat (place), dll. Dari hasil test yang diberikan 3 (tiga) orang siswa sasaran menjawab semua pertanyaan dengan benar dan 2 (dua) lainnya masih terdapat kesalahan dalam menjawab. Rata-rata nilai siswa sasaran berkisar 87 sampai dengan 100. Sehingga disini terlihat bahwa siswa sasaran sudah mengalami perkembangan skill mereka dalam Bahasa Inggris dilihat dari hasil kuis yang sudah penulis lakukan. 

Link Dokumentasi


Tentang Penulis
I Gusti Ayu Putu Suantari Pratami