Memberikan Pelatihan Tips Pemasaran Online
- Oleh I Made Dwi Ananta Yoga
- Tuesday 20/07/2021
- Kelompok 46, Kelompok, Kelompok
Telah dilakukan pelatihan keempat mengenai Tips Pemasaran Online. Pelatihan ini dilakukan pada Senin, 19 Juli 2021. Kegiatan yang diikuti oleh semua masyarakat sasaran ini dilakukan melalui platform Zoom meeting. Materi yang diberikan sebagai berikut. Kemudian Masyarakat diberikan Waktu untuk berpikir mengenai ide bisnis apa yang ingin dijalankan, ide tersebut disampaikan melalui personal chat.
PEMASARAN ONLINE
1. Strategi Pemasaran
Ø Maksimalkan jaringan dan relasi
Dalam bisnis, memiliki jaringan yang luas adalah suatu hal yang sangat penting. Dengan membangun jaringan yang baik, Anda bisa menggencarkan strategi pemasaran bisnis online dengan menawarkan barang atau jasa yang ada dalam jangkauan yang luas. Kesempatan untuk mendapatkan konsumen atau klien yang tertarik dengan barang atau jasa tersebut pun semakin banyak.
Untuk membangun jaringan yang baik, cobalah untuk memulai dari yang paling sempit dan kemudian ke yang paling luas. Tidak hanya itu, pengusaha online harus sudah bisa membangun koneksi tersebut mulai dari awal pemasaran secara online.
Dalam hal ini, Anda harus sanggup menjalin koneksi dengan lingkup yang kecil terlebih dahulu karena lingkup yang kecil pun bisa berdampak besar pada produk yang dijual. Contohnya, Anda bisa menjadi sponsor untuk kegiatan sosial atau sebuah pertunjukan seni di sekitar Anda.
Ø Tambahkan Konten Marketing Yang Menarik
Bukan melulu menjual barang atau jasa yang dimiliki saja, Anda juga harus memberikan konten yang menarik untuk membuat pengunjung tertarik untuk datang ke online shop Anda. Media pemasaran ini bisa berupa artikel, video atau gambar yang sesuai dengan bisnis yang dijalani.
Misalnya, jika Anda menjual produk-produk kecantikan, maka Anda bisa membuat video tentang tutorial makeup atau tips menggunakan produk kecantikan sehari-hari
Ø Memaksimalkan Penggunaan Digital Marketing
Integrated digital marketing dalam sebuah bisnis layaknya seperti efek bola salju. Bola salju yang awalnya tidak seberapa akan menjadi semakin besar ketika ia menggelinding semakin jauh. Dalam bisnis, fenomena ini dijadikan sebuah teknik memulai usaha dari kecil secara konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Meskipun kecil, bisnis yang Anda kerjakan bisa jadi besar selama Anda telaten dalam menjalankan bisnis tersebut. Rencana pemasaran dengan pola ini berarti Anda membuat suatu hal kecil untuk sebuah tujuan jangka panjang.
Ø Pahami Tren dan Platform yang Digunakan
Menjadi seorang pebisnis artinya Anda harus selalu up to date dan mengikuti tren yang ada. Anda harus bisa fleksibel dalam menggunakan beragam media sosial yang saat ini sedang banyak digunakan oleh masyarakat.
Anda harus memiliki pola pikir yang tidak kaku dan terus mengikuti tren yang ada. apalagi mengingat penggunaan media sosial sangatlah penting dalam bisnis. Jadi, pahami tren yang ada dan ambil keuntungan untuk membuat strategi pemasaran bisnis online Anda semakin baik
Ø Bergabung dengan Marketplace
Selanjutnya adalah untuk bergabung dengan marketplace atau e-commerce. Saat ini bukan rahasia lagi jika bisnis online sudah semakin menjamur. Namun, sayangnya ada pihak-pihak tertentu yang melakukan penipuan dengan kedok online shop.
Untuk membuat para pelanggan tidak takut untuk berbelanja online, bergabung dengan e-commerce atau marketplace bisa menjadi sebuah jalan yang tepat. Salah satu alasan yang membuat para pemilik usaha ingin membuat toko online sendiri di marketplace adalah karena pembayaran yang lebih aman karena adanya pihak ketiga yang bertanggung jawab.
2. Tips Membuat Template
Ø Mencari Inspirasi
Sekarang banyak website yang menyediakan hasil-hasil karya sang creativer, entah itu yang berbayar maupun yang gratis. Inpirasi merupakan dorongan yang muncul pada seseorang yang mampu merangsang pikiran manusia untuk melakukan tindakan yang berhubungan dengan hal kreatif. Kilatan ide-ide kreatif yang muncul tiba-tiba atau dengan sendirinya itu disebut buah dari inspirasi.
Ø Pilihlah Warna Skema
Warna disini sangat berperan penting dan juga menentukan menarik tidaknya pamflet itu. Carilah warna yang didalamnya terdapat warna gelap dan terang. Dan ngga cuma cocok kasih warna saja tapi juga berikan warna yang sesuai dengan tema pamflet itu
Ø Mengatur Layout dan Komposisi ukuran yang tepat
Agar tulisan lebih tertata dan rapi. Kalo tulisan rapi pasti orang tertarik untuk membacanya tetapi sebaliknya, orang akan enggan membaca karna susah dibaca apalagi dipahami. Untuk judul dan gambar lebih besar komposisinya daripada yang lain karna itu untuk menarik orang membaca isinya.
Ø Menentukan Fokus Utama
Agar orang penasaran dengan isi pamflet kita yaitu dengan menentukan bagian mana yang akan di fokuskan. Banyak pamflet yang memfokuskan ke gambar karna ukuran gambarnya diperbesar dan ngga cuma besar tetapi juga menarik. Jika memang pamflet itu tidak membutuhkan gambar maka tulisan judul/tema yang ditonjolkan, entah itu dari jenis fontnya berbeda daripada isi, ukuran maupun bentuk fontnya.
Ø Buat versi mini untuk Sosmed
Kita tahu bahwa betapa pentingnya sosial media, pamflet tak selamanya harus dipublikasikan lewat media cetak aja tetapi media digital juga tak bisa dipungkiri sangat penting bagi kita yang tidak bisa menjangkau tempat yang jauh. Untuk ukuran pamflet biasanya A3 atau A4, jika kita share lewat sosial media sekarang kebanyakan tidak bisa full gambar. Untuk itu kita antisipasi dengan membuat yang versi persegi tetapi tidak menghilangkan pesan yang disampaikan. Hanya aja mengurangi isi konten yang sekiranya tidak begitu harus disampaikan.
Ø Tulisan Bisa Dibaca
Tulisan untuk isi/konten harus bisa dibaca pada jarak 1-2 meter, sedangkan judul minimal 5 meter bisa dilihat dari jauh. Jika tulisannya kecilpun orang ngga bakal tertarik untuk mendekati pamflet tersebut,
3. Media Promosi
Ø Youtube
Youtube adalah layanan milik google ini sangat efektif di indonesia karena banyak user yang selalu menggunakan media ini untuk melihat video. Dengan perkembangan internet di indonesia mulai membaik dan kecepatan internet lebih kencang banyak user yang makin masif kecanduan melihat video pada unggahan di youtube.
Ø Facebook
Facebook sudah mempunyai banyak user terbesar di dunia yang setiap harinya lebih dari satu juta orang mengisi waktunya dengan melihat timeline facebook mereka. facebook juga memperbolehkan kita untuk mempromosikan dan berjualan dengan membuat fanspage yang sesuai dengan produk yang anda jual. Tidak hanya memperbolehkan untuk berjualan facebook juga memiliki fitur yang bernama facebook ads, pada fitur ini anda bisa membayar dan menargetkan calon pelanggan. Facebook Ads dapat menampilkan produk yang anda iklankan muncul di timeline yang bakal menjadi customer baru.
Ø Instagram
Instagram mungkin sudah tidak asing lagi bagi warga Indonesia. Sejak diluncurkan pada tahun 2010, instagram semakin berkembang pesat sampai sekarang ini. Menggunakan layanan posting melalui video dan foto, instagram tak hanya dijadikan sebagai media untuk sekedar having fun akan tetapi sekarang juga dimanfaatkan oleh banyak pebisnis menjadi lahan bisnis. Online shop sekarang telah banyak menggunakan instagram sebagai media mempromosikan barang atau jasa mereka. Sampai sekarang, sudah tidak terhitung lagi berapa jumlah online shop yang memakai instagram sebagai medianya.
Ø Twitter
Twitter adalah salah satu media sosial yang populer sampai sekarang. Penggunaannya yang mudah, membuat banyak penggunanya tetap setia memakai media umum ini. Ternyata, banyaknya pengguna aktif Twitter sebagai pasar potensial untuk menawarkan produk atau jasa. Tak hanya itu, Twitter juga bisa sebagai media untuk menambah angka penjualan pada bisnis toko online. Walau hanya bisa menggunakan 245 karakter, twitter tetap menjadi daya tarik bagi penggunanya. Dengan fitur sama seperti facebook dan instagram, twitter juga mempunya fitur hashtags yang dapat membantu memviralkan dan memancing topik yang sedang hangat.
Ø Whatsapp
Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Whatsapp yang sekarang ini sudah semakin marak di kalangan masyarakat mana pun. Whatsapp yang merupakan aplikasi pesan yang mirip seperti SMS ini, hanya mengandalkan data internet untuk berkirim pesan tanpa perlu mengkhawatirkan pulsa habis ataupun jumlah karakter yang dikirimkan. Anda bisa bebas mengirimkan video, foto, maupun suara tanpa ada batasan apapun. Selain itu, Anda juga bisa saling menerima panggilan dalam bentuk suara dan video tanpa adanya biaya apapun atau gratis.
Whatsapp ternyata juga bisa menjadi media promosi online sangat efektif karena kita dapat memberikan edukasi langsung kepada calon customer one on one, yang dapat menjalin interaksi secara personal dengan anda. dengan menggunakan fitur broadcast dan grup anda bisa membangun kedekatan dan memberikan informasi secara berkala kepada customer.
Ø Market Place
Marketplace merupakan sebuah website atau aplikasi online yang memfasilitasi proses jual beli dari berbagai toko. Sebenarnya online marketplace mempunyai konsep yg kurang lebih sama dengan pasar tradisional. Pada dasarnya, pemilik marketplace tidak bertanggung jawab atas barang-barang yang dijual karena tugas mereka merupakan menyediakan tempat bagi para penjual yang ingin berjualan dan membantu mereka untuk bertemu pelanggan dan melakukan transaksi dengan lebih praktis dan mudah. Transaksinya sendiri memang diatur oleh marketplacenya. Kemudian setelah menerima pembayaran, penjual akan mengirim barang ke pembeli. Salah satu alasan mengapa marketplace populer adalah lantaran kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaan.
4. Tips Packaging
Ø Desain yang Sederhana namun Elegan
Ketika konsumen melihat desain kemasan yang rumit, biasanya akan berpaling ke kompetitor. Yang perlu Anda lakukan adalah kemasan Anda menampilkan desain yang unik, menarik, sederhana, dan elegan. Tidak terlalu mencolok namun pesan yang dimuat mampu tersampaikan dengan jelas kepada pembeli.
Sederhana bukan berarti murahan. Justru dari sederhana mampu menampilkan yang elegan sehingga memiliki kesan yang menawan. Warna, jenis huruf, dan pemilihan slogan adalah bagian pendukung agar tercipta desain kemasan yang baik
Ø Jaminan Kemasan yang Baik
Produk Anda bisa dikatakan baik apabila mampu menghadirkan kemasan yang menarik. Namun, menarik saja tidak cukup jika kemasan yang Anda tampilkan tidak melindungi produk dengan aman. Anda harus menilai bahwa produk yang Anda tawarkan ke pembeli adalah produk berharga. Sehingga, pembeli tidak khawatir mendapatkan barang rusak karena kemasan Anda.
Sebagai contoh, Anda menjual camilan berupa kerupuk. Maka, Anda harus menyiapkan kemasan yang tahan banting sehingga tidak membuat kerupuk rusak. Usahakan pula kemasan yang Anda buat tahan dari udara sehingga produk tidak cepat berjamur. Hal ini penting karena, melalui logistik, ketahanan produk Anda akan diuji.
Ø Kualitas Kemasan
Ketika Anda menganggap produk Anda berharga maka yang perlu diperhatikan adalah kualitas kemasan yang bagus, bernilai tinggi, dan terpercaya. Ketiganya saling berkaitan sehingga membuat identitas pada produk Anda semakin dipercaya oleh pembeli.
Anda tidak perlu membeli bahan yang mahal atau impor untuk mendapatkan kualitas kemasan yang baik. Bahan lokal pun tak kalah dari impor. Bahan tersebut telah banyak menghasilkan desain kemasan yang baik, teruji, dan bernilai tinggi. Selain itu, manfaatkan penggunaan stiker atau label dalam desain kemasan Anda.
Ø Atur Tipografi
Desain visual penting bagi pembeli sehingga aturlah tipografi dengan rinci dan baik. Unsur-unsur dalam tipografi meliputi pemilihan warna, penggunaan jenis font, dan gaya tulisan yang tidak berlebihan. Anda perlu memperhatikan dengan detail agar sesuai dengan identitas pada produk.
Selain itu, tulisan yang Anda hasilkan langsung to the point. Jangan bertele-tele. Pembeli cenderung memperhatikan tulisan yang singkat namun padat. Informasi yang disampaikan pun akurat sehingga menarik calon pembeli menggunakan produk Anda. Ingat, selain atur tipografi, desain kemasan yang Anda tampilkan baiknya sederhana namun elegan.
Ø Buat Desain Kemasan Edisi Khusus
Bagi pembeli yang loyal pada produk Anda, biasanya mereka akan memburu desain kemasan dengan edisi khusus. Anda bisa mengeluarkan edisi khusus dengan mengeluarkan embel-embel “terbatas”. Hal demikian akan membuat pembeli berpacu untuk mendapatkannya.
Desain kemasan dalam edisi khusus perlu dibuat dengan stok terbatas. Sehingga, pembeli akan menerapkan prinsip “siapa yang cepat maka dia yang dapat”. Selain itu, dengan memiliki edisi khusus, pembeli mendapatkan kebanggaan karena belum tentu edisi khusus akan hadir untuk kedua kalinya.
Referensi :
https://ssdi.co.id/9-media-promosi-online-cocok-untuk-digital-marketing/
https://www.techsigntic.com/2017/02/tips-membuat-pamflet-bagus-menarik.html
https://www.xendit.co/id/blog/tips-membuat-desain-kemasan-yang-menarik/
https://blog.mokapos.com/strategi-pemasaran-bisnis-online