Memberikan Pendampingan Tambahan Secara Luring untuk Memaksimalkan Kemampuan Guru

Pada hari Kamis, 29 Juli 2021 penulis melakukan pendampingan tambahan kepada guru di SD Negeri 10 Pedungan, yang dilakukan secara luring atau offline. Berhubung pada hari tersebut terdapat kegiatan di SD Negeri 10 Pedungan dan beberapa guru hadir ke sekolah, sehingga penulis mengambil kesempatan ini untuk bertemu dengan guru dan melakukan pendampingan tambahan mengenai penggunaan media digital yang sekiranya masih ada yang belum dipahami oleh guru. Pendampingan tambahan ini merupakan kegiatan di luar program kerja yang telah dirancang. Karena pelatihan dan pendampingan sebelumnya hanya dilakukan melalui daring akibat PPKM. Kegiatan ini juga didasari atas kemauan dari masyarakat sasaran sendiri, sehari sebelum pendampingan ini dilaksanakan, masyarakat sasaran memberikan informasi kepada penulis bahwa beberapa guru akan hadir ke sekolah pada kamis, 29 Juli 2021. Maka, ketika ada kesempatan untuk bertemu dengan guru secara langsung penulis manfaatkan waktu tersebut untuk memberikan pendampingan tambahan kepada mereka. Namun, guru yang hadir ke sekolah hanya beberapa saja. Terutama, untuk guru yang mengikuti pelatihan hanya hadir sebanyak 3 orang. Sedangkan guru lainnya tidak dapat hadir karena sedang ada urusan pribadi. Pada pendampingan tambahan ini, penulis dan masyarakat sasaran (guru) berkomunikasi terkait apa saja yang masih belum dipahami oleh guru. Dari apa yang telah disampaikan, ternyata beberapa guru masih memiliki kendala dalam mengoperasikan beberapa fitur pada Google Classroom dan Powtoon. Sehingga, pada pendampingan tambahan ini penulis kembali mengarahkan guru mengenai cara pengoperasian fitur-fitur yang ada di dalam Google Classroom dan Powtoon yang belum mereka pahami. Walau kegiatan ini hanya dilakukan selama sehari, namun sangat bermanfaat untuk memaksimalkan pemahaman guru terkait penggunaan media digital.

Tentang Penulis