Memberikan Pendampingan Tambahan Secara Luring untuk Memaksimalkan Kemampuan Guru
- Oleh Ni Komang Widiantari
- Saturday 31/07/2021
- Kelompok 22, Kelompok, Kelompok
Pada hari Kamis, 29 Juli 2021 penulis melakukan pendampingan tambahan
kepada guru di SD Negeri 10 Pedungan, yang dilakukan secara luring atau offline.
Berhubung pada hari tersebut terdapat kegiatan di SD Negeri 10 Pedungan dan
beberapa guru hadir ke sekolah, sehingga penulis mengambil kesempatan ini untuk
bertemu dengan guru dan melakukan pendampingan tambahan mengenai penggunaan
media digital yang sekiranya masih ada yang belum dipahami oleh guru.
Pendampingan tambahan ini merupakan kegiatan di luar program kerja yang telah
dirancang. Karena pelatihan dan pendampingan sebelumnya hanya dilakukan melalui
daring akibat PPKM. Kegiatan ini juga didasari atas kemauan dari masyarakat
sasaran sendiri, sehari sebelum pendampingan ini dilaksanakan, masyarakat
sasaran memberikan informasi kepada penulis bahwa beberapa guru akan hadir ke
sekolah pada kamis, 29 Juli 2021. Maka, ketika ada kesempatan untuk bertemu
dengan guru secara langsung penulis manfaatkan waktu tersebut untuk memberikan
pendampingan tambahan kepada mereka. Namun, guru yang hadir ke sekolah hanya
beberapa saja. Terutama, untuk guru yang mengikuti pelatihan hanya hadir
sebanyak 3 orang. Sedangkan guru lainnya tidak dapat hadir karena sedang ada
urusan pribadi. Pada pendampingan tambahan ini, penulis dan masyarakat sasaran
(guru) berkomunikasi terkait apa saja yang masih belum dipahami oleh guru. Dari
apa yang telah disampaikan, ternyata beberapa guru masih memiliki kendala dalam
mengoperasikan beberapa fitur pada Google Classroom dan Powtoon. Sehingga, pada
pendampingan tambahan ini penulis kembali mengarahkan guru mengenai cara
pengoperasian fitur-fitur yang ada di dalam Google Classroom dan Powtoon yang
belum mereka pahami. Walau kegiatan ini hanya dilakukan selama sehari, namun
sangat bermanfaat untuk memaksimalkan pemahaman guru terkait penggunaan media
digital.