Memberikan Sosialisasi II perihal "CURURID DAN BELPEM BERBASIS HIBURAN PADA MASA/PASCAPANDEMI COVID-19"

Rabu, 8 Juli 2020 telah berlangsung program KMbD berupa pemberian sosialisasi perihal proker yang diusung sebagai kegiatan KKN Mandiri berbasis Daring. Sosialisasi II ini menggunakan media Forum Cururid melalui akun resmi Program KMbD Cururid dengan cara membagikan salindia (ppt/powerpoint) dan video penjelasan. Sosiaslisasi II merupakan lanjutan dari sosialisasi I, sehingga pengetahuan saat mengikuti Sosialisasi II ini lebih luas, sebab sudah mendapatkan dasar-dasar pada sosialisasi I. Sosialisasi II ini memaparkan materi perihal apa itu Cururid, bagaimana mekanisme forum cururid, apa itu belpem, bagaimana belpem berbasis hiburan, serta bagaimana media pembelajaran berbasis hiburan itu. Sosialisasi ini juga memaparkan jadwal kegiatan.

Sosialisasi II berlangsung dengan baik, serta dilengkapi dengan pertanyaan dari salah satu sasaran, yaitu Surya (seorang guru). Beliu bertanya "Apakah keunggulan dri belpem ini??? Apakah belpem ini bisa menghilangkan rasa jenuh siswa belajar secara daring???" Kemudian, forum Cururid menjawab dengan rinci, adapun jawabannya "Belpem sebenarnya kepanjangan dari belajar dan pembelajaran. Namun yang menjadi spesial dalam progam ini yaitu basis yang dipilih, yakni basis hiburan. Dengan menggunakan basis hiburan, tentu motivasi belajar akan terjaga. Mengingat pemberlakuan pembelajaran daring Yangs secara mendadak, tentunya para pengajar belum siap akan strategi pengajarannya, sehingga menggunakan hanya sebatas aplikasi yang sudah familier, seperti schoology, google classroom, atau hanya whatsapp. Sebenarnya bisa menggunakan aplikasi tersebut, tapi jika hanya bergantung dari aplikasi tersebut masih kurang. Kekurangannya terletak pada ketidak mampuan menciptakan suasana belajar yang asik, dan menyenangkan. Maka dari itu basis yang semua formalitas harus diubah menjadi basis hiburan. Penerapan basis hiburan ini diwujudkan dengan menggunakan media pembelajaran kreatif, yaitu Kahoot!, Quizizz, bahkan TikTok. Kahoot! dan Quizizz dapat digunakan sebagai media kuis, dan tiktok dapat digunakan sebagai media tugas atau penyampaian materi. Pengemasan dan fitur yang menarik dari ketiga media pembelajaran ini tentu dapat menghilangkan rasa jenuh siswa belajar secara daring. Alasannya:
1. Berlangsung secara bersama-sama : hal inu menimbulkan motivasi mencapai nilai tertinggi, karena langsung adanya perengkingan.
2. Fitur yang tidak biasa, seperti adanya pilihan jawaban yang diikonkan dengan bentuk tertentu, atau tampilan yang menarik
3. Bermain bisa sambil belajar, seperti saat membuat video pembelajaran dengan menggunakan tiktok."

AKhir cerita, seluruh peserta memahami sosialisasi. Selanjuntya, besok akan dilanjutkan dengan memaparkan materi pengaplikasian media pembelajaran.