Memberikan Sosialisasi II perihal "CURURID DAN BELPEM BERBASIS HIBURAN PADA MASA/PASCAPANDEMI COVID-19"
- Oleh I Ketut Adi Kesuma Jaya
- Wednesday 08/07/2020
- Kelompok 99, Kelompok, Kelompok
Rabu, 8 Juli 2020 telah berlangsung program KMbD berupa pemberian
sosialisasi perihal proker yang diusung sebagai kegiatan KKN Mandiri
berbasis Daring. Sosialisasi II ini menggunakan media Forum Cururid
melalui akun resmi Program KMbD Cururid dengan cara membagikan salindia
(ppt/powerpoint) dan video penjelasan. Sosiaslisasi II merupakan
lanjutan dari sosialisasi I, sehingga pengetahuan saat mengikuti
Sosialisasi II ini lebih luas, sebab sudah mendapatkan dasar-dasar pada
sosialisasi I. Sosialisasi II ini memaparkan materi perihal apa itu
Cururid, bagaimana mekanisme forum cururid, apa itu belpem, bagaimana
belpem berbasis hiburan, serta bagaimana media pembelajaran berbasis
hiburan itu. Sosialisasi ini juga memaparkan jadwal kegiatan.
Sosialisasi
II berlangsung dengan baik, serta dilengkapi dengan pertanyaan dari
salah satu sasaran, yaitu Surya (seorang guru). Beliu bertanya "Apakah
keunggulan dri belpem ini??? Apakah belpem ini bisa menghilangkan rasa
jenuh siswa belajar secara daring???" Kemudian, forum Cururid menjawab
dengan rinci, adapun jawabannya "Belpem sebenarnya kepanjangan dari
belajar dan pembelajaran. Namun yang menjadi spesial dalam progam ini
yaitu basis yang dipilih, yakni basis hiburan. Dengan menggunakan basis
hiburan, tentu motivasi belajar akan terjaga. Mengingat pemberlakuan
pembelajaran daring Yangs secara mendadak, tentunya para pengajar belum
siap akan strategi pengajarannya, sehingga menggunakan hanya sebatas
aplikasi yang sudah familier, seperti schoology, google classroom, atau
hanya whatsapp. Sebenarnya bisa menggunakan aplikasi tersebut, tapi jika
hanya bergantung dari aplikasi tersebut masih kurang. Kekurangannya
terletak pada ketidak mampuan menciptakan suasana belajar yang asik, dan
menyenangkan. Maka dari itu basis yang semua formalitas harus diubah
menjadi basis hiburan. Penerapan basis hiburan ini diwujudkan dengan
menggunakan media pembelajaran kreatif, yaitu Kahoot!, Quizizz, bahkan
TikTok. Kahoot! dan Quizizz dapat digunakan sebagai media kuis, dan
tiktok dapat digunakan sebagai media tugas atau penyampaian materi.
Pengemasan dan fitur yang menarik dari ketiga media pembelajaran ini
tentu dapat menghilangkan rasa jenuh siswa belajar secara daring.
Alasannya:
1. Berlangsung secara bersama-sama : hal inu menimbulkan motivasi mencapai nilai tertinggi, karena langsung adanya perengkingan.
2. Fitur yang tidak biasa, seperti adanya pilihan jawaban yang diikonkan dengan bentuk tertentu, atau tampilan yang menarik
3. Bermain bisa sambil belajar, seperti saat membuat video pembelajaran dengan menggunakan tiktok."
AKhir
cerita, seluruh peserta memahami sosialisasi. Selanjuntya, besok akan
dilanjutkan dengan memaparkan materi pengaplikasian media pembelajaran.