Membuat Link Google Form untuk Evaluasi dari Pelaksanaan KKNbD Di Banjar Padpadan dan Mengirimkan Link tersebut kepada Masyarakat Sasaran

Pada hari Rabu, 28 Juli 2021, merupaka pelaksanaan KKNbD hari terakhir yang dilaksanakan oleh pelaksana KKNbD di Banjar Padpadan, Desa Petak Kaja, Gianyar. Pada hari ini pelaksana membuat google form terkait dengan evaluasi program kerja yang telah dilaksanakan pelaksana KKNbD dengan masyarakat sasaran di Banjar Padpadan, Desa Petak Kaja ini. Pada hari yang sama, pelaksana mengirimkan google form yang telah dibuat kepada masyarakat sasaran melalui WhatsApp Group masyarakat sasaran.  Pada kegiatan ini juga, pelaksana KKNbD mengucapkan rasa terimakasih telah bersedia menjadi masyarakat sasaran dalam membantu pelaksana KKNbD dalam melaksanakan program kerjanya. Pemberian evaluasi atas program yang terlaksana bertujuan untuk memberikan ukuran atau penilaian sejauh mana program kerja yang dijalankan oleh masyarakat sasaran dan pelaksana KKNbD bisa bermanfaat bagi masyarakat sasaran di masa pendemi Covid-19 Ini serta memberikan pengetahuan baru kepada masyarakat sasaran mengenai kewirausahaan. Adapun hasil dari kegiatan evaluasi yang dijalankan yaitu:

  1.           Bahwa  100 % pelaksanaan Program kerja yang diberikan oleh pelaksana KKNbD Undiksha 2021 bisa menjadi sebuah mata pencaharian sampingan atau utama.
  2.       50% pelaksanaan program kerja KKNbD Undiksha 2021 di Banjar Padpadan bisa berjalan dengan baik dan 50% pelaksanaan program kerja KKNbD Undiksha 2021 di Banjar Padpadan dikatakan berjalan dengan sangat baik.
  3.          62,5% materi yang diberikan berupa tentang kewirusahaan, branding dan marketing bisa disampaikan dengan baik oleh pelaksana KKNbD dan 37,5%  materi yang diberikan berupa tentang kewirusahaan, branding dan marketing bisa disampaikan dengan sangat baik.
  4.           100% masyarakat sasaran bisa menerima materi yang diberikan berupa materi kewirausahaan, branding dan marketing dengan  baik serta menerapkannya.
  5.         100% pembuatan minyak kelapa murni atau tandusan ini bisa dikatakan menambah daya jual kelapa yang masyarakat miliki
  6.        100% Teknik digital marketing sangat bisa dikatakan sebagai Teknik pemasaran yang efisien, mudah menjangkau pasar dan mudah mendapatkan pelanggan.

g)    Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilaksanakan dengan memberikan google form, berikut kritik dan saran yang  diberikan oleh masyarakat sasaran;

1.     Kritik : untuk pemberian materinya agar diberikan secara langsung agar mudah dimengerti.

Saran : agar pelaksanaan selanjutnya bisa terus bertemu secara langsung

2.     Saran : agar pelaksanaan KKNbD bisa berjalan dengan offline dengan banyak pelaksana.

Kritik : pelatihan branding agar diberikan secara langsung atau berkali-kali agar bisa cepat menerima materi

3.     Kritik : proses pembuatan minyak kelapa yang modern

Saran : agar kedepannya bisa menerapkan alat-alat modern

4.     Kritik : pelaksana KKNbD yang kurang jumlahnya

Saran : agar kedepannya jumlah mahasiswa yang KKN di Desa ditambah lagi

5.     Kritik : pemberian materi berupa logo atau branding bisa dilakukan dengan secara langsung agar mudah dimengerti.

Saran : agar pelaksana KKNbD selanjutnya bisa berjalan lebih baik lagi dengan offline

6.     Saran : agar pelatihan ini bisa dilaksanakan dengan memakai bahan yang lebih banyak lagi

7.     Kritik : pelaksanaan yang kurang dengan pertemuan secara langsung

Saran : agar bisa kedepannya bisa bertemu langsung di setiap kegiatan.

8.     Agar pelaksanaan KKN selanjutnya bisa membuat program yang sama yaitu mengajak berwirausaha untuk memanfaatkan hasil alam di Banjar ini.

Berikut merupakan link google form evaluasi pelaksanaan KKNbD di Banjar Padpadan:

https://docs.google.com/forms/d/12mjqXGH36r2td0RHIYuaAzjr6eCDO5rm_KL4BwtYPrk/viewform?edit_requested=true

Berikut merupakan bukti hasil dari pelaksanaan evaluasi :

https://drive.google.com/folderview?id=1sPPo8PqO-eLqeGym43JEGUZW3VTDKWlL

Demikianlah pelaksaan KKNbD pada hari Rabu, 28 Juli 2021. T


Tentang Penulis