Membuat Materi Penyuluhan dan Konten Pelatihan Pencegahan Covid-19 dengan Menerapkan PHBS

Pada minggu pertama kegiatan KKNbD dengan program kegiatan pencegahan Covid-19 bagi anak sekolah di Desa Sibanggede dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat ini, selain meminta kesediaan masyarakat sasaran serta mendiskusikan program kegiatan yang akan dilakukan bersama dengan masyarakat sasaran, saya juga melaksanakan kegiatan yaitu menyiapkan materi penyuluhan serta konten pelatihan pencegahan Covid-19 dengan menerapkan PHBS untuk diberikan kepada masyarakat sasaran. Tepatnya pada tanggal 07 Juli 2021, saya membuat materi penyuluhan tentang cara mencegah penularan Covid-19 dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Materi tersebut saya buat di powerpoint, karena dengan menggunakan aplikasi tersebut memudahkan saya untuk membuat materi. Selain itu, dapat dibagikan dengan mudah kepada masyarakat sasaran. Isi materi penyuluhan tersebut yaitu:

  •        Pengertian dari Covid-19.
  •        Penyebab Penularan Covid-19.
  •        Cara Mencegah Penularan Covid-19 dengan Menerapkan PHBS.

Materi penyuluhan ini akan diberikan pada saat melaksanakan penyuluhan secara online menggunakan media daring seperti zoom.

Pada tanggal 08 Juli 2021 sampai dengan 10 Juli 2021, saya melanjutkan pembuatan materi penyuluhan serta diikuti dengan pembuatan konten – konten pelatihan pola hidup bersih dan sehat, seperti membuat video cara mencuci tangan yang baik dan benar serta membuat video cara memakai masker yang baik dan benar, konten – konten tersebut dibuat secara mandiri dirumah penulis yakni di Desa Sibanggede, yang nantinya konten tersebut akan diberikan kepada masyarakat sasaran di Desa Sibanggede sebagai materi pelatihan pola hidup bersih dan sehat untuk mencegah penularan Covid-19. Selain itu, saya juga menyiapkan konten pelatihan cara menjaga kebugaran tubuh dengan mencari video yang tepat untuk anak usia sekolah melaksanakan yoga melalui youtube. Pembuatan materi penyuluhan serta konten – konten pelatihan pola hidup bersih dan sehat untuk mencegah Covid-19 ini dilakukan agar dapat menambah wawasan masyarakat sasaran untuk mencegah penularan Covid-19, serta pada saat melaksanakan penyuluhan dan pelatihan tentang pola hidup bersih dan sehat ada pedoman yang jelas atau ada dasar yang jelas bagaimana cara menerapkan pola hidup bersih dan sehat untuk mencegah Covid-19.

Tentang Penulis
I Gusti Agung Mas Bintang Anastasya