Memonitoring Perkembangan Masyarakat Sasaran terkait Penggunaan Aplikasi Quizizz
- Oleh Ni Made Sintya Pradnyawati
- Saturday 31/07/2021
- Kelompok 234, Kelompok, Kelompok
Pelaksanaan kegiatan KKNbD pada minggu keempat dilaksanakan pada hari Kamis,
29 Juli 2021. Penulis melakukan kegiatan memonitoring perkembangan
masyarakat sasaran (guru) terkait
penggunaan aplikasi Quizizz. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri 6 Kesiman dengan
masyarakat sasaran (guru) secara langsung (luring) dengan tetap mematuhi protokol
kesehatan. Selama 3 minggu sebelumnya, penulis sudah melakukan kegiatan
pelatihan dan pendampingan dalam mempraktekkan cara penggunaan aplikasi Quizizz, sehingga melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman terhadap masyarakat
sasaran (guru) terkait cara penggunaan aplikasi Quizizz. Maka, dengan kegiatan memonitoring ini, akan dapat membantu penulis untuk mengetahui perkembangan dan keberhasilan dari
kegiatan pelatihan yang dilaksanakan selama 3 minggu tersebut. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk
pemahaman masyarakat sasaran (guru) untuk mengetahui sudah sampai sejauh mana masyarakat sasaran
(guru) dapat mengerti dan menerapkan penggunaan aplikasi Quizizz dalam proses pembelajaran daring.
Dalam kegiatan memonitoring perkembangan masyarakat sasaran (guru), penulis mengarahkan para guru untuk membuka aplikasi Quizizz terlebih dahulu. Selanjutnya, sesuai dengan tahapan cara-cara penggunaan aplikasi Quizizz, para guru dipersilahkan untuk melakukan kegiatan terkait cara penggunaan aplikasi Quizizz secara mandiri tanpa bimbingan dari penulis. Penulis melihat perkembangan yang sangat baik dari masyarakat sasaran (guru), karena para guru sudah sangat memahami cara penggunaan aplikasi Quizizz tersebut. Bahkan para guru juga sudah bisa membuat soal-soal yang siap untuk dibagikan kepada siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Tidak hanya itu, beberapa guru juga sudah dapat menggunakan aplikasi Quizizz ini dalam kegiatan pembelajaran di kelas, yang dimana guru tersebut mengatakan bahwa siswanya tertarik dan cukup antusias untuk menjawab kuis yang diberikan, karena dianggap aplikasi Quizizz ini menarik perhatian siswa yang berisi animasi serta audio (musik) yang memberikan efek keseruan. Selain itu, para guru memperlihatkan perkembangannya yang sangat baik dari cara mereka menjawab pertanyaan yang diberikan penulis dan mempraktekkan cara penggunaan sesuai dengan arahan penulis tanpa bantuan dari penulis. Sehingga, tidak ada kendala yang dialami, dikarenakan para guru sudah mengikuti dengan baik pelatihan cara penggunaan aplikasi Quizizz. Jadi, dapat dikatakan bahwa penulis memberikan pelatihan dengan baik selama 3 minggu, karena melihat dari perkembangan yang dimiliki oleh masyarakat sasaran (guru) sudah sangat baik menggunakan aplikasi Quizizz dan sesuai dengan target yang diharapkan oleh penulis.
Dengan adanya kegiatan memonitoring ini, penulis dapat melihat kemajuan dan pemahaman yang dimiliki oleh masyarakat sasaran (guru) mengenai cara penggunaan aplikasi Quizizz. Respon dari masyarakat sasaran (guru) sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan ini, karena para guru dapat menunjukkan kemampuan yang mereka miliki dan para guru juga mendapatkan pengetahuan baru tentang aplikasi yang akan digunakan dalam menunjang proses pembelajaran daring. Sehingga, dengan penggunaan aplikasi Quizizz para guru dapat mengembangkan media pembelajaran baru yang lebih bervariasi.