Mempersiapkan dan Melaksanakan Kegiatan Evaluasi untuk Mengukur Kemampuan Masyarakat Sasaran dalam Memahami Materi Pembelajaran

        Pada kegiatan KKNbD di minggu kelima, kegiatan yang dilaksanakan adalah mempersiapkan tes evaluasi dan melaksanakan evaluasi untuk mengukur kemampuan masyarakat sasaran (siswa) dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan secara daring maupun tatap muka. Kegiatan mempersiapkan tes evaluasi dilaksanakan pada tanggal 28-30 Juli 2021 di rumah salah satu peserta KKNbD. Tes evaluasi yang disiapkan berupa tes uraian sederhana yang berjumlah 15 soal agar mudah untuk dievaluasi. Pembuatan tes evaluasi mengacu pada materi pembelajaran Tema 1 Subtema 1 tentang "Tumbuhan Sahabatku" yang sudah diberikan secara daring maupun tatap muka sebelumnya. Tes evaluasi juga digunakan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan masyarakat sasaran (siswa) dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan.

        Kemudian untuk pelaksanaan evaluasi pembelajaran dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2021 secara tatap muka terbatas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Pelaksanaan tes evaluasi dilaksanakan di Balai Dusun Banjar Dinas Tegal Sari Desa Patas dari pukul 08.00-10.00 yang diikuti oleh semua masyarakat sasaran (siswa). Selain dari tes tersebut, kegiatan evaluasi juga dilakukan menggunakan tugas-tugas yang dikirim oleh masyarakat sasaran (siswa). Semua masyarakat sasaran (siswa) sudah mengirim dan mengerjakan tugas-tugasnya dengan sangat baik. Dari hasil evaluasi yang dilakukan, masyarakat sasaran (siswa) sudah menunjukkan perubahan yang signifikan, mulai dari antusias masyarakat sasaran (siswa), keaktifan siswa dalam belajar, dan mulai rajinnya masyarakat sasaran (siswa) dalam mengirimkan tugas-tugasnya. Dari hasil evaluasi yang dilaksanakan, masyarakat sasaran (siswa) juga sudah mampu memahami materi pembelajaran yang diberikan dengan sangat baik. Dengan demikian berakhirlah kegiatan KKNbD yang dilakukan di Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali.

Tentang Penulis