Mempersiapkan Materi Berupa Media Power Point Interaktif yang Digunakan dalam Proses Pelatihan Online yang akan Disampaikan kepada Masyarakat Sasaran yang Berprofesi Sebagai Guru SD di Desa Kaliakah pada saat Proses Pemberian Tutorial dan Pelatihan Secara Online Melalui Zoom Meeting
- Oleh Ni Made Diah Ariusnita
- Thursday 15/07/2021
- Kelompok 141, Kelompok, Kelompok
Sesuai dengan pemberian solusi dari beberapa
persoalan yang dihadapi masyarakat sasaran yang kemudian telah diprogramkan
dalam KKNbD Undiksha 2021 di Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten
Jembrana, Provinsi Bali dengan masyarakat sasaran yang berprofesi sebagai guru
SD di lokasi yang sama, yakni di Desa Kaliakah. Solusi yang diberikan kepada
masyarakat sasaran, yakni para guru SD di Desa Kaliakah yang berjumlah 7 orang
berupa pemberian pelatihan dan tutorial secara online mengenai cara
memanfaatkan, membuat, dan menggunakan aplikasi power point yang ada
diperangkat komputer agar menjadi media power point interaktif yang dapat
dipergunakan dalam memudahkan serta mengoptimalkan pembelajaran tatap muka di
masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, penulis mempersiapkan materi berupa
contoh media power point interaktif yang dibuat sendiri dalam aplikasi power point
pada hari Rabu, 14 Juli 2021 mulai pukul 09:00 WITA. Jadi pembuatan materi
pelatihan online berupa media power point ini dimulai dari mencari referensi
awal berupa video tutorial dari youtube yang kemudian dikembangkan dan
dikreasikan sendiri sesuai dengan kreasi dari penulis dan disesuaikan dengan
tujuan pembuatan power point interakif ini. Pembuatan atau persiapan yang
dilakukan untuk membuat materi pelatihan tutorial online ini diawali dengan
proses persiapan materi pelajaran yang bersumber dari buku tematik terpadu baik
itu buku guru maupun buku tema. Selanjutnya dilanjutkan dengan persiapan
mendownload background serta ikon-ikon atau gambar-gambar tambahan yang
diperlukan. Jadi tahap pembuatan materi berupa media power point ini dilakukan
dari awal pemilihan materi hingga proses editing dari pemberian background yang
menarik, pemberian gambar-gambar, ikon, dan penjelasan materi agar mudah
dipahami siswa dan menarik bagi siswa, sehingga nantinya media ini dapat
dipergunakan guru dalam mengoptimalkan pembelajaran tatap muka di masa pandemi
Covid-19.
Materi berupa media power point interaktif ini
diawali dengan slide pertama yang berisikan judul atau cover dari materi yang
akan dibelajarkan kepada siswa di sekolah dasar. Selanjutnya pada slide
berikutnya berisikan menu yang memuat 4 pilihan, yakni tujuan pembelajaran,
materi, quiz, dan rangkuman. Jadi setelah slide menu, guru dapat mengklik
pilihan yang mana saja disesuaikan dengan keperluan pada saat proses
pembelajaran. Agar media power point ini menjadi benar-benar interaktif, maka
dilakukan pengaturan pada set up slide show yang diubah dari mode Presented by
a speaker (full screen) menjadi mode Browsed at a kiosk (full screen). Hal ini
bertujuan agar pada saat power point dishow, maka baik guru maupun siswa ketika
ingin menuju slide berikutnya hanya dapat dilakukan dengan menekan ikon atau
gambar yang telah diberikan hyperlink. Jadi, pada slide pertama terdapat ikon
segiempat yang bertuliskan mulai, ikon tersebut telah diberikan hyperlink yang
ketika diklik akan menuju slide menu. Kemudian pada slide menu yang berisikan 4
pilihan, masing-masing pilihan tersebut juga diberikan hyperlink yang langsung
menuju slide dimana pilihan tersebut dipaparkan. Misalkan pada pilihan
rangkuman, maka saat ikon yang bertuliskan rangkuman diklik slide power point
akan langsung menuju slide yang berisikan rangkuman dari materi yang telah
dipelajari. Begitupun pada pilihan lain seperti tujuan pembelajarana, materi,
dan quiz. Selanjutnya pada setiap slide power point juga disediakan ikon
tambahan berupa tanda yang bertuliskan “back” dan “next”. Sehingga ketika ikon
“back” diklik, maka slide power point akan otomatis menuju slide sebelumnya
atau menuju slide menu apabila ikon “back” tersebut berada pada slide awal dari
pilihan menu seperti awal materi atau awal quiz. Sedangkan jika mengklik ikon
“next” maka akan menuju slide selanjutnya atau slide menu jika posis ikon
“next” berada diakhir slide pilihan seperti diakhir slide materi atau diakhir
slide quiz. Kemudian terakhir ada juga ikon silang “X” berwarna merah yang
berada disepanjang slide, ketika tanda silang tersebut ditekan maka slide show
akan berakhir.
Setelah membuat power point menjadi interaktif
dengan adanya pemberian hyperlink dan penyusunan power point sedemikian rupa
dengan gambar dan pertanyaan pada tampilan materi, maka dilanjutkan juga pada
bagian quiz, dimana nantinya setiap kali guru atau siswa mengklik jawaban yang
benar akan muncul karakter gembira dengan suara tepuk tangan dan jika jawaban
yang diklik salah, maka akan muncul karakter yang sedih dengan suara “boom”.
Jadi penulis telah mengatur sedemikian rupa animasi muncul dan animasi keluar
dari masing-masing karakter serta telah menghubungkannya pada ikon kolom yang
berisikan jawaban dengan cara memberikan hyperlink juga. Sehingga, nanti pada
saat pemberian pelatihan tutorial online penulis dapat menjelaskan sekaligus
menampilkan materi berupa power point interaktif ini kepada para guru mengenai
cara membuat dan cara menggunakannya. Jadi pada saat pelatihan online nanti
melalui media yang telah disiapkan penulis, para masyarakat sasaran akan
diberikan penjelasan mengenai bagaimana membuat hingga mengoperasikan atau
menggunakan media power point interaktif ini dalam pembelajaran. Penulis juga
akan memberikan pelatihan sekaligus menampilkan materi yang telah dipersiapkan
ini berupa contoh media power point interaktif agar para guru SD (masyarakat
sasaran) menjadi memahami dan dapat membuat serta menggunakan sendiri media
power point interaktif ini nantinya di dalam proses pembelajaran tatap muka di
masa pandemi Covid-19. Sehingga pembelajaran menjadi interaktif, siswa juga
menjadi lebih aktif dan menarik mengikuti proses pembelajaran, serta
pembelajaran juga akan berjalan dengan optimal. Tidak lupa dengan mempersiapkan
materi berupa media power point interaktif nantinya penulis dapat lebih leluasa
menjelaskan dan memberikan pelatihan serta tutorial memanfaatkan, membuat, dan
menggunakan power point interaktif kepada para masyarakat sasaran, sehingga
nantinya dapat memberikan solusi semaksimal mungkin bagi persoalan-persoalan
yang guru SD di Desa Kaliakah (masyarakat sasaran) alami selama pembelajaran
tatap muka di masa pandemi Covid-19.