Menerapkan Protokol Kesehatan Sebagai Bentuk PHBS Selama Masa Pandemi COVID-19

Upaya pemberdayaan pemuda Desa Kepundungan, Kabupaten Banyuwangi dalam kegiatan KKNbD ini dimulai dengan pemberian materi tentang menerapkan protokol kesehatan sebagai bentuk PHBS selama masa pandemi COVID-19. Pertemuan pertama yang dilakukan menggunakan media Google Meet ini dilaksanakan pada Minggu, 11 Juli 2021. Sebelum pertemuan ini dilaksanakan, terlebih dahulu materi yang akan diberikan disiapkan. Materi tersebut merupakan materi yang dibuat dalam bentuk power point bersumber dari beberapa literasi relevan dengan materi yang dibahas. Kemudian juga dikirimkan link pertemuan menggunakan Google Meet melalui WhatsApp group yang sudah dibuat sebelumnya. Pertemuan yang dilakukan ini sebelumnya merupakan pertemuan yang sebelumnya sudah disepakati bersama.

Kegiatan yang dilakukan pada pertemuan pertama ini yaitu pertama-tama perkenalan semua masyarakat sasaran. Setelah setiap masing-masing masyarakat sasaran memperkenalkan diri, semua mengakses website Quizizz yang merupakan platform kuis interaktif. Kuis ini digunakan sebagai bentuk pre-test yang bentujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat sasaran mengenai materi yang akan diberikan selama KKNbD ini. Kuis tersebut berisi 10 pertanyaan yang mengadopsi materi-materi tentang PHBS. Berdasarkan 10 pertanyaan yang diikuti oleh 8 orang, 2 orang menjawab salah 1, 4 orang menjawab salah 2 dan 2 orang menjawab salah 3. Maka dari itu dapat diketahui bahwasanya masyarakat sudah mengetahui mengenai materi PHBS tetapi belum begitu paham sehingga perlu diberikan materi mengenai PHBS itu sendiri.

Setelah pengerjaan kuis menggunakan platform kuis interaktif Quizizz selesai dilanjutkan dengan penyampaian materi dan diskusi tanya jawab mengenai PHBS secara umum dan pentingnya menerapkan protokol kesehatan sebagai bentuk PHBS selama masa pandemi COVID-19. Setelah penyampaian materi dan  diskusi tanya jawab selesai, pertemuan pertama diakhir. Kemudian masyarakat sasaran juga tidak lupa diingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan materi yang telah diberikan sebelumnya. Pada KKNbD ini juga diberikan masker gratis kepada masyarakat sasaran dan tidak lupa juga membagikan dengan menggunakan hand sanitizer sebelumnya.

Tentang Penulis