Mengajarkan Materi Pembelajaran Tentang ‘Verb’

Pada hari Rabu, 21 Juli 2021 dilaksanakan kegiatan pendampingan belajar di Desa Antap untuk anak-anak Sekolah Dasar disana. Meskipun pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara langsung, namun tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku yaitu memakai masker, mencuci tangan/menggunakan handsanitizer, dan menjaga jarak. Kegiatan pendampingan dilakukan dari pukul 09.00-11.45 WITA, yang mana kegiatan ini dibagi menjadi 2 sesi. Siswa yang mengikuti kegiatan pendampingan belajar ini adalah siswa dari kelas III dan IV, siswa tersebut antara lain:

  • o   I Kadek Khianjoe Pramudita Putra (9 tahun)
  • o   Putu Sani Ananda Putri (9 tahun)
  • o   Gusti Ayu Kadek Maharani Putri (8 tahun)
  • o   Kevin Dararya Ardana (8 tahun)
  • o   I Made Aditya Dwi Permana (10 tahun)
  • o   I Putu Bagus Irpan Juniantara Putra (10 tahun)
  • o   I Made Agus Suryawan (9 tahun)

Pada sesi 1, kegiatan dimulai dari pukul 09.00-10.00 WITA dengan memberikan salam pembuka terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan doa bersama. Setelah itu, siswa diminta untuk menggunakan handsanitizer untuk menjaga kebersihan diri. Sebelum melanjutkan materi pembelajaran, siswa terlebih dulu diminta untuk mengingat kembali materi pembelajaran yang sudah diajarkan sebelumnya yaitu mengenai ‘verb atau kata kerja’. Siswa diberikan beberapa pertanyaan tentang kata kerja yang sudah mereka pelajari dengan menampilkan beberapa gambar yang berhubungan dengan kata kerja dalam bentuk slide PowerPoint. Selain itu, siswa juga diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan terkait kata kerja dengan menuliskannya di papan tulis. Selama sesi pertama hanya dilakukan dengan mengingat-ingat kembali materi ‘verb’ sebelumnya dengan tanya jawab. Setelah kegiatan tanya jawab tersebut selesai siswa kemudian diberikan waktu selama 15 menit untuk beristirahat sebelum melanjutkan pembelajaran di sesi kedua.

Sesi 2 dimulai dari pukul 10.15-11.45 WITA dengan memberikan kosakata terkait verb yang baru. Di sesi ini siswa diminta untuk mencatat seluruh verb yang sudah dituliskan di papan tulis. Setelah itu siswa diajarkan bagaimana cara pengucapan dari masing-masing kata tersebut. Kemudian siswa diberikan waktu 5 menit untuk mempelajari kata kerja yang sudah mereka catat, karena siswa akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan terkait kata kerja tersebut. Tujuan diberikannya pertanyaan-pertanyaan tersebut agar siswa lebih bisa mengingat materi yang sudah diajarkan. Setelah waktu untuk belajar selesai siswa kemudian ditunjuk satu per satu untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. Pertanyaan yang diajukan diulang-ulang beberapa kali agar siswa lebih memahami materi pembelajaran yang diberikan. Selesai itu, siswa juga diberikan pertanyaan dalam bentuk gambar-gambar agar mereka mudah mengingat kata kerja yang diajarkan. Setelah semua itu selesai, siswa kemudian diberikan tugas untuk mencari bahasa Inggris dari beberapa kata kerja yang diberikan, tujuannya agar kosakata terkait kata kerja mereka bertambah. Selesai pemberian tugas tersebut siswa diberikan pengumuman untuk hadir lagi pada pertemuan berikutnya. Kemudian untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dilakukan doa bersama, setelah itu siswa bisa pulang ke rumah masing-masing.

 

Berikut link materi yang diajarkan dalam bentuk PowerPoint:

https://drive.google.com/file/d/176dRVvH2ULWijtznmwn-upx9fhynLDwf/view?usp=sharing

Tentang Penulis
Ni Luh Gede Indah Oktavirani