Mengenal Cara Menyatakan "The Date and Time" dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah link video blog minggu ketiga kegiatan KKN: https://youtu.be/An9MoDyItKg

            Kegiatan KKN 2021 di Desa Sayan telah melewati minggu ke-3nya, dengan saya sendiri sebagai pendamping dari 9 orang siswa masyarakat sasaran dengan topik pendidikan di masa pandemi. Kegiatan belajar minggu ini mengambil topik tentang The Time and Date (day, month, and year). Materi ini cukup sering atau umum ditanyakan oleh orang asing sehingga saya mengajak siswa memahami materi ini lebih dalam. Cara yang saya gunakan adalah mengajak siswa aktif menerka cara membaca jam dengan benar sesuai dengan situasi yang sedang mereka alami. Google meeting dengan bantuan PPT masih menjadi pilihan paling efektif untuk mengajar siswa secara daring dengan memberikan game seru di akhir kegiatan.

            Minggu ke-3 ini mengalami beberapa kendala, contohnya siswa mengatakan bahwa mereka sulit untuk join meeting karena berhalangan dengan jadwal sekolah mereka yang dimulai bertepatan dengan awal minggu ini. Kemudian penentuan jam juga menjadi permasalahan yang rumit bagi siswa dan saya sendiri karena beberapa siswa berhalangan hadir karena ada kegiatan tambahan di luar pembelajaran inti sehingga saya harus menyesuaikan jam siswa agar mereka semua memiliki kesempatan belajar di jam yang sama serta jam tersebut juga tidak mengganggu waktu istirahat mereka. Terkendala sinyal dan sistem yang error sempat kami rasakan saat kondisi cuaca sedang tidak baik sehingga memakan waktu lebih banyak untuk saya menyampaikan materi tersebut.

            Kegiatan minggu ini saya jadikan 2 kali pertemuan namun dengan bobot jam yang setara dengan 3 kali pertemuan selama 1 minggu. Hal ini cukup meringankan siswa agar dapat fokus mengerjakan tugas sekolah serta mengikuti kegiatan KKN dengan baik. Minggu lalu siswa mengisi form terkait pembelajaran Bahasa Inggris dan hasilnaya mengejutkan ketika siswa bervariatif menjawab seberapa jauh hasil belajar yang mereka rasakan di sekolah, dan ada siswa yang menjawab kurang dari 50%. Cukup miris melihat siswa yang belum siap mental untuk belajar dari serta respon mereka yang juga menyatakan guru-guru mereka belum luwes menggunakan aplikasi untuk menudukung pembelajaran. Saya berharap dengan metode yang saya gunakan selama 3 minggu ini akan sangat membantu siswa memahami materi yang awalnya belum benar-benar mereka kuasai dengan pasti.

 

Tentang Penulis