MENGEVALUASI TERKAIT KEGIATAN YANG TELAH DILAKSANAKAN UNTUK MENGETAHUI KEEFEKTIFAN PROGRAM ATAU PROYEK YANG TELAH DILAKSANAKAN

 

    Pelaksanaan KKNbD sudah sampai pada minggu terakhir yaitu minggu kelima lebih tepatnya pada tanggal 1 agustus sampai 5 agustus 2021. Pada minggu ini saya melaksanakan evaluasi dan analisis hasil evaluasi terkait kegiatan yang telah dilaksanakan untuk mengetahui keefektifan program atau proyek yang telah dilaksanakan. Kegiatan pada minggu kelima ini diikuti oleh seluruh masyarakat sasaran yang dilaksanakan melalui grup WhatsApp yang telah dibuat.

    Pada kegiatan ini terdapat beberapa aspek yang saya evaluasi yaitu aspek yang pertama adalah aspek pengetahuan (kognitif). Aspek pengetahuan saya evaluasi dengan menyebarkan dua google formulir yang akan diisi oleh masyarakat sasaran. Google formulir pertama yaitu google formulir yang akan menunjukan pengetahuan masyarakat sasaran sebelum mengikuti pelatihan dan google formulir kedua yaitu google formulir yang akan menunjukan pengetahuan masyarakat sasaran sesudah mengikuti pelatihan. Pada kegiatan ini saya melaksanakan evaluasi dengan menggunakan metode Pre-Test dan Pos-Test. Saya menggunakan metode Pre-test dan Pos-test agar saya dapat membandingkan keberhasilan atau ketuntasan program yang telah dilaksanakan. Aspek yang kedua yaitu sikap (afektif). Untuk mengevaluasi sikap dari masyarakat sasaran terdapat beberapa hal yang saya lihat dari awal pelaksanaan sampai akhir pelaksanaan KKNbD yaitu sikap disiplin, aktif, dan jujur. Aspek yang ketiga yaitu keterampilan (psikomotorik). Dalam melaksanakan evaluasi pada aspek keterampilan ini sebelumnya saya meminta masing-masing masyarakat sasaran untuk membuat komik edukasi yang akan saya cermati. Terdapat beberapa hal yang saya lihat pada aspek ini yaitu orisinalitas, materi, dan kreativitas. Aspek yang keempat yaitu unjuk kinerja atau praktik masyarakat sasaran dalam membuat komik edukasi pada pembelajaran audio visual. Dalam mengevaluasi aspek ini saya menggunakan google formulir yang berisikan beberapa pertanyaan yang menunjukan kinerja masyarakat sasaran dalam membuat komik edukasi. Google formulir tersebut saya sebarkan melalui grup WhatsApp masyarakat sasaran. Dengan begitu saya dapat mengetahui bagaimana praktik setiap masyarakat sasaran dalam membuat komik edukasi pada pembelajaran audio visual.

    Masyarakat sasaran mengikuti kegiatan ini dengan baik. Kegiatan ini dilaksanakan agar saya mengetahui keefektifan program yang telah saya laksanakan sebagai refleksi untuk kedepannya. Selain itu, agar saya mengetahui sejauh mana efektifitas dari media pembelajaran komik edukasi pada pembelajaran audio visual sebagai referensi dalam pengembangan media kedepannya.  Saya berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini saya dapat mengetahui pengetahuan, sikap, dan keterampilan masyarakat sasaran terkait pembuatan komik edukasi pada pembelajaran audio visual sebelum mengikuti pelatihan dan pendampingan dengan sesudah mengikuti pelatihan dan pendampingan yang telah saya laksanakan. Selain itu, saya berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini saya mengetahui bagaimana praktik masyarakat sasaran dalam membuat komik edukasi pada pembelajaran audio visual.

 

Kuisioner evaluasi yang berupa google formulir dan digunakan pada tahap evaluasi aspek kognitif dan unjuk kinerja dapat dilihat pada link berikut:

https://drive.google.com/drive/folders/17bPvneSXlqLliDtc6r44vlxlR3FPoQQ_?usp=sharing  

 

Tentang Penulis