Mengujicobakan Hasil Media Interaktif Berbasis Game Edukasi Yang Telah Dibuat Oleh Masyarakat Sasaran Kepada Siswa SD

Senin, 26 Juli 2021

Hari ini saya mengujicobakan hasil media interaktif berbasis game edukasi yang telah dibuat oleh masyarakat sasaran kepada siswa SD. Kegiatan mengujicobakan media interaktif berbasis game edukasi kepada siswa SD dilaksanakan pada pukul 08.00 – 12.00 WITA. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring, yaitu dengan membagikan link game edukasi yang telah dibuat oleh masyarakat sasaran kepada siswa SD. Kegiatan mengujicobakan game edukasi kepada siswa SD ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat kendala dalam penggunaan game edukasi tersebut serta untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh game edukasi tersebut terhadap siswa SD.

Kegiatan ini saya awali dengan memberitahukan kepada masyarakat sasaran melalui Grup Whatsapp Pelatihan Educandy mengenai jadwal kegiatan pelatihan hari ini. Setelah itu, saya mengarahkan para masyarakat sasaran untuk mengujicobakan hasil media interaktif berbasis game edukasi yang telah dibuat oleh masyarakat sasaran kepada siswa SD. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring, sehingga para siswa memainkan game edukasi yang diberikan oleh guru mereka di rumahnya masing-masing. Para siswa juga mendokumentasikan kegiatan bermain game mereka, kemudian mengirimkan foto dokumentasi bermain game edukasi tersebut kepada guru yang telah membagikan link game edukasi tersebut kepada mereka.

Setelah para guru yang selaku masyarakat sasaran KKNbD di dalam pelatihan membuat media interaktif berbasis game edukasi menggunakan situs web Educandy ini telah menerima foto dokumentasi dari para siswa SD, maka selanjutnya para guru mengirimkan foto dokumentasi tersebut kepada saya melalui Grup Whatsapp Pelatihan Educandy. Berdasarkan foto dokumentasi tersebut saya mengetahui bahwa game edukasi tersebut dapat dimainkan oleh siswa baik melalui smartphone maupun komputer. Selain itu, melalui foto dokumentasi tersebut saya dapat mengetahui bahwa siswa dapat memainkan game edukasi tersebut dengan lancar tanpa adanya error walaupun dimainkan melalui perangkat yang berbeda seperti smartphone dan komputer. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa game edukasi yang telah dibuat oleh masyarakat sasaran tidak terdapat kendala dalam penggunaan perangkat untuk memainkan game edukasi yang telah dibuat oleh masyarakat sasaran menggunakan situs web Educandy.

Pada foto dokumentasi tersebut siswa juga terlihat antusias untuk menjawab soal yang disajikan pada game edukasi tersebut. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa game edukasi yang telah dibuat oleh masyarakat sasaran dapat menarik minat siswa untuk memainkan game edukasi tersebut. Jadi, melalui kegiatan pemberian game edukasi ini kepada siswa, guru akan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, yaitu suasana belajar sambil bermain.

Demikian kegiatan pelaksanaan program kerja KKNbD hari ini. Untuk kegiatan yang selanjutnya akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan KKNbD yang telah saya buat pada Proposal Projek KKNbD.

Berikut ini saya lampirkan link foto dokumentasi tambahan dari kegiatan mengujicobakan hasil media interaktif berbasis game edukasi yang telah dibuat oleh masyarakat sasaran kepada siswa SD.

https://drive.google.com/file/d/1rP7Ko4uPb0SnBxej9niMuOOMNM0t9AUT/view?usp=sharing


Tentang Penulis