Mengukur Tingkat Pemahaman dan Kepuasan Masyarakat Sasaran (Kegiatan Evaluasi)

            Setelah selesainya seluruh kegiatan yang tercantum dalam program kerja KKNbD, akan ditutup dengan adanya evaluasi kegiatan. Pada hari Sabtu, 31 Juli 2021 telah dilaksanakan pengisian formulir (Google Form) dalam rangka kegiatan evaluasi dengan masyarakat sasaran KKNbD. Seusai pengumpulan tugas praktek kedua (senam radio taiso), masyarakat sasaran diberikan kesempatan untuk mengisi angket evaluasi kegiatan pelaksanaan programkerja KKNbD. Kegiatan evaluasi bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman dan kepuasan masyarakat sasaran dengan materi yang diberikan selama lima minggu. Selain itu, masyarakat sasaran juga diminta untuk memberitahukan kembali berbagai masalah atau kendala yang dialami oleh masyarakat sasaran dalam pengisian formulir. Sehingga, secara jelas hasil yang didapatkan dengan dilaksanakannya kegiatan evaluasi dapat memberikan dampak positif bagi kedua pihak (pelaksana KKNbD dan masyarakat sasaran) dengan adanya keuntungan yang bersifat timbal balik. Dari pihak pelaksana KKNbD, telah mendapatkan berbagai masukan yang bersifat membangun untuk dapat memperbaiki kinerjanya dengan lebih baik lagi. Bagi pihak masyarakat sasaran, mendapatkan berbagai informasi pengetahuan dan pembelajaran yang dapat diaplikasikan untuk dijadikan suatu kebiasaan yang positif dalam melaksanakan pola hidup yang sehat selama masa pandemi.

            Terdapat beberapa hal yang dijadikan evaluasi dalam mengukur tingkat pemahaman dan kepuasan masyarakat sasaran dengan program kerja, yaitu:

1.Cara menyampaikan materi.

2.Media yang digunakan.

3.Tingkat efektivitas dalam penyampaian atau penjelasan materi.

4.Kualitas informasi dalam bahan materi yang diberikan sesuai dengan fakta lapangan.

5.Kesesuaiaan informasi dengan minat dan ketertarikan.

6.Kebergunaan atau kebermanfaatan materi dalam kebutuhan kehidupan sehari-hari.


Tentang Penulis