Mengukur Tingkat Pemahaman dan Kepuasan Masyarakat Sasaran (Kegiatan Evaluasi)
- Oleh Cheryl Teendrata
- Saturday 31/07/2021
- Kelompok 260, Kelompok, Kelompok
Setelah selesainya seluruh kegiatan
yang tercantum dalam program kerja KKNbD, akan ditutup dengan adanya evaluasi
kegiatan. Pada hari Sabtu, 31 Juli 2021 telah dilaksanakan pengisian formulir (Google Form) dalam rangka kegiatan
evaluasi dengan masyarakat sasaran KKNbD. Seusai pengumpulan tugas praktek
kedua (senam radio taiso), masyarakat
sasaran diberikan kesempatan untuk mengisi angket evaluasi kegiatan pelaksanaan
programkerja KKNbD. Kegiatan evaluasi bertujuan untuk mengukur tingkat
pemahaman dan kepuasan masyarakat sasaran dengan materi yang diberikan selama
lima minggu. Selain itu, masyarakat sasaran juga diminta untuk memberitahukan
kembali berbagai masalah atau kendala yang dialami oleh masyarakat sasaran
dalam pengisian formulir. Sehingga, secara jelas hasil yang didapatkan dengan
dilaksanakannya kegiatan evaluasi dapat memberikan dampak positif bagi kedua
pihak (pelaksana KKNbD dan masyarakat sasaran) dengan adanya keuntungan yang
bersifat timbal balik. Dari pihak pelaksana KKNbD, telah mendapatkan berbagai
masukan yang bersifat membangun untuk dapat memperbaiki kinerjanya dengan lebih
baik lagi. Bagi pihak masyarakat sasaran, mendapatkan berbagai informasi
pengetahuan dan pembelajaran yang dapat diaplikasikan untuk dijadikan suatu
kebiasaan yang positif dalam melaksanakan pola hidup yang sehat selama masa
pandemi.
Terdapat beberapa hal yang dijadikan evaluasi dalam mengukur tingkat pemahaman dan kepuasan masyarakat sasaran dengan program kerja, yaitu:
1.Cara menyampaikan materi.
2.Media yang digunakan.
3.Tingkat efektivitas dalam
penyampaian atau penjelasan materi.
4.Kualitas informasi dalam bahan
materi yang diberikan sesuai dengan fakta lapangan.
5.Kesesuaiaan informasi dengan minat dan ketertarikan.
6.Kebergunaan atau kebermanfaatan materi dalam kebutuhan kehidupan
sehari-hari.