Mengunggah dan membagikan tautan yang menuju ke kanal Youtube media pembelajarankepada masyarakat sasaran melalui Group WhatsApp.

Pada Minggu kedua tanggal 15  Juli 2021 tepatnya hari Kamis merupakan hari ketujuh pelaksanaan KKNbD Undiksha Tahun 2021, Pada hari ketujuh ini saya melakukan 2 kegiatan, yaitu mengunggah video dan membagikan video ke masyarakat sasaran. Kegiatan pertama yaitu mengunggah tautan video ke ranah youtube yakni video pembelajaran materi MMP (Membaca Menulis Permulaan) yang telah saya buat dengan mengkonversi Power point menjadi sebuah video, Video ini saya berikan judul “Video pembelajaran Bahasa Indonesia, Materi MMP (Membaca Menulis Permulaan) dengan metode eja. Pengunggahan video ini berlangsung selama 1 jam 20 menit dengan durasi video 8 menit 19 detik. Video pembelajaran ini berisikan tentang materi MMP (Membaca Menulis Permulaan) yang mencakup ; Penebakan gambar, Mengeja, dan Membaca. Adapun tujuannya yaitu :

  1. 1.  Penebakan gambar, berfungsi untuk meningkatkan kreativitas dan imajinasi siswa dari masyarakat sasaran, Meningkatkan perkembangan emosinal pada anak, dan meningkatkan keterampilan sosial dasar anak
  2. 2.   Mengeja dan Membaca, keduanya ini memiliki hubungan erat, karena secara umum membaca dapat diartikan sebagai sebuah aktivitas dalam melafalkan, mengeja, membunyikan simbol-simbol, abjad hingga menjadi kata sampai kalimat yang memiliki makna, jadi dapat dikatakan mengeja itu merupakan langkah awal sebelum kita dapat lanjut ke tahap membaca. Untuk itu sangat penting mengajarkan pada anak usia dini atau kelas rendah bagaiamana cara mengeja dan membaca yang baik dan benar.

Selanjutnya pada kegiatan kedua yaitu membagikan video pembelajaran ini kepada masyarakat sasaran melalui whatsapp group. Tujuan diberikannya video ini kepada masyarakat sasaran yaitu untuk dapat disimak, kemudian dipelajari materi yang terdapat dalam video tersebut. Disamping itu pembelajaran berbasis video memfasilitasi dalam memproses informasi lebih cepat, mempertahankan pengetahuan dan mengingatnya dengan akurat. Karena pada dasarnya, manusia memiliki kemampuan untuk memproses gambar lebih cepat daripada teks biasa. Pembelajaran berbasis video sering terbukti lebih efektif daripada pembelajaran di kelas tradisional.

Peran orang tua dalam mendampingi anak dalam belajar juga sangatlah penting. Pendampingan orangtua dalam proses belajar anak adalah upaya orangtua untuk menemani, memberikan bantuan dalam mengawasi masalah anak dalam belajar, memberikan dorongan, motivasi,dukungan, pengawasan dan memberikan fasilitas kepada anak agar semangat dalam belajar. Anak yang memiliki motivasi maka akan semangat dan rajin dalam belajar sehingga memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Tinggi atau rendahnya motivasi belajar anak dipengaruhi oleh peran orangtua. Motivasi belajar yang rendah akan mempengaruhi proses pembellajaran dan hasil belajar anak.


Link Video Pembelajaran : https://www.youtube.com/watch?v=_S4lS5R2jVw 


Tentang Penulis