“Meningkatkan Kemampuan Bisnis Berbasis Teknologi di Tengah Pandemi Covid-19 Melalui Bimbingan Online di Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana - Bali”

Sejak meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia berbagai permasalahan sosial dan ekonomi banyak bermunculan di masyarakat. Pandemi ini tidak hanya menimbulkan krisis kesehatan secara global, namun juga memberikan dampak yang signifikan di sektor ekonomi. Sejak pemerintah menerapkan kebijakan sosial distancing dalam merespon kasus Covid-19 yang terus bertambah, terjadi penurunan aktivitas ekonomi. Wabah ini juga membuat masyarakat kehilangan sebagian besar pekerjaan mereka, sehingga banyak masyarakat yang tidak mendapat penghasilan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Kesulitan untuk mendapatkan penghasilan di tengah pandemi Covid-19 ini melatar belakangi pembuatan proposal ini. Wawancara dilakukan secara online kepada beberapa masyarakat sasaran terdampak Covid-19 yang menjadi target. Berdasarkan hasil wawancara hal yang menjadi permasalahan adalah banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaannya, ada juga salah satu masyarakat yang kehilangan pelanggannya akibat kebijakan sosial distancing. Untuk menyikapi hal tersebut saya bermaksud untuk membantu beberapa masyarakat sasaran agar mereka bisa menghasilkan di tengah pandemi Covid-19 dengan cara membuat beberapa program kerja yang bisa membantu berbagai permasalahan masyarakat sasaran di kondisi seperti ini diantaranya adalah : melaksanakan pelatihan online yang berisi cara berbisnis, uraian tips-tips yang bermanfaat untuk memulai suatu bisnis dan lain sebagainya, mengajarkan cara pemasaran online, melatih cara menyusun rencana bisnis serta saya juga akan memonitoring perkembangan usaha/kegiatan yang dilakukan masyarakat secara daring.

Program yang berjudul “Meningkatkan Kemampuan Bisnis Berbasis Teknologi di Tengah Pandemi Covid-19 Melalui Bimbingan Online di Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana - Bali” ini bersifat rintisan, karena belum pernah ada / belum pernah ada yang menggunakan sebagai penelitian di Kelurahan Gilimanuk, Jembrana, Bali. Berikut tahapan program kerja yang akan dilakukan :
  1. Memberikan pengetahuan kewirausahaan online mengenai cara menjalankan bisnis, tips-tips berbisnis
  2. Memberikan ide-ide usaha sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh masyarakat Mengajarkan masyarakat untuk menentukan business plan/rencana bisnis sesuai dengan kebutuhan daerah.
  3. Mengajarkan masyarakat untuk berpromosi secara online melalui media sosial
  4. Memonitoring kegiatan yang dilakukan masyarakat untuk mengetahui perkembangannya
Aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan untuk melancarkan program kerja yang telah dibuat yaitu
  1. Pembuatan Wa grup untuk masyarakat sasaran
  2. Mengundang masyarakat sasaran untuk masuk ke grup yang sudah dibuat.
  3. Berdiskusi di Wa Grup mengenai hal/materi apa saja yang akan diberikan
  4. Mulai melaksanakan pelatihan kewirausahaan dengan cara mengirim video seputar penjelasan kewirausahaan, serta tips-tips menjadi wirausaha
  5. Mulai memberikan ide-ide usaha kepada masyarakat sesuai dengan keahlian, kemampuan, serta kondisi daerah masyarakat sasaran.
  6. mengajarkan cara promosi di sosial media yang masyarakat sasaran sudah miliki.
  7. mengajarkan bussines plan atau cara menentukan rencana bisnis.
  8. Memonitoring dengan cara menghubungi satu-satu masyarakat sasaran selama pelaksanaan KMbD untuk mengetahui sejauh mana masyarakat sudah menjalankan ide/usahanya.
Program ini sangat relevan terhadap kebutuhan masyarakat sasaran dan kemampuan masyarakat di daerah ini, belum pernah ada yang menerapkan program ini, dan program ini sangat menunjang kemajuan masyarakat agar bisa berbisnis pada saat pandemi Covid-19.

Kegiatan yang sudah terlaksana pada hari Senin, 6 Juli 2020 adalah pembuatan group WA, untuk melancarkan jalannya pelatihan berbisnis online di tengah pandemi covid-19 ini.

Pada hari ini Senin, 6 Juli 2020 penulis sedang membuat Vidio untuk di berikan ke masyarakat sasaran agar lebih mudah memahami kegiatan yang di lakukan ini.



Tentang Penulis
I Made Gelgel Satria Negara