Meninjau kebermanfaatan kegiatan KKNbD

Kegiatan KKNbD yang dilakukan  mulai dari tanggal 5 Juli 2021 perlu dievaluasi sejauh mana manfaat dari kegiatan yang dilakukan tersebut. Mengingat setiap kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk memberikan solusi kepada masyarakat dalam menghadapi permasalahan pencegahan virus corona secara klinis. 

Sesuai dengan permasalahan yang diangkat, penulis telah memberikan materi dan juga pelatihan mengenai pencegahan virus corona yang dapat dikatakan merupakan inovasi dari 3M (Mencuci tangan dengan sabun/ menggunakan hand sanitizer, Memakai masker, dan Menjaga jarak). Adapun kegiatan yang telah dilakukan yaitu : (1) Memberikan masyarakat video mengenai bahaya virus corona. Video ini dibuat dengan alasan lebih banyak masyarakat yang tertarik menyaksikan video dari pada membaca. (2) Memberikan masyarakat sasaran video mengenai etika bertemu dikala pandemi, video ini berisikan inovasi yang dapat dilakukan tanpa menghilangkan budaya kita saat bertemu dengan orang lain. (3) Pelatihan membuat hand sanitizer dan paper soap, pelatihan ini dilaksanakan dengan memberikan video tutorial kepada masyarakat sasaran agar lebih mudah memahami dan meniru langkah pembuatannya. (4) Memberikan masyarakat softcopy poster, poster ini berisikan himbauan untuk memilih masker yang tepat dan efektif sesuai dengan perkembangan virus corona saat ini.

Setiap kegiatan yang dilakukan dirancang agar mudah dipahami oleh masyarakat, meskipun mudah dipahami belum tentu masyarakat tersebut merasakan manfaat dari kegiatan yang telah dilakukan, untuk itu penulis memberikan plat form untuk diisi oleh masyarakat sasaran yang mana dalam formulir tersebut terdapat beberapa pertanyaan yang harus dijawab, penulis menyediakan pilihan jawaban Ya, Tidak dan Mungkin untuk mempermudahkan masyarakat mengisi formulir tersebut. sesuai dengan hasil ternyata kegiatan yang telah dilaksanakan dapat dikatakan sangat bermanfaat bagi masyarakat. 

Link Google formulir sebagai evaluasi KKNbD yaitu :

https://docs.google.com/forms/d/1yEM__UAO6OrHmZVj5DybQ-4bpYo_msvKZwbS7UGKI6M/edit?usp=drivesdk 


Tentang Penulis