Menyusun Kuesioner dan Menganalisa Kegiatan Sebelumnya

Kuesioner merupakan angket yang berfungsi sebagai metode pengumpulan informasi atau data yang didapat dari masyarakat sasaran. Agenda menyusun kuesioner dan menganalisa kegiatan sebelumnya saya lakukan pada hari Hari Selasa, 27 Juli 2021. Menyusun kuesioner saya lakukan pada jam 09.30-10.30 WITA dan menganalisa kegiatan sebelumnya saya mengarahkan masyarakat sasaran untuk berkumpul di rumah salah satu masyarakat sasaran pada jam 19.00-20.00 WITA.

Berikut adalah link google drive yang berisi kuesioner (pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan kepada masyarakat sasaran sebagai evaluasi hasil pelatihan pembuatan hand sanitizer berbahan alami):

https://drive.google.com/file/d/1OjbUqyOi4DbTSRoYSZ617um-3XLXU5ms/view?usp=sharing

Pada agenda evaluasi, terdapat 6 responden yang melakukan evaluasi dengan cara menjawab semua pertanyaan yang terdapat pada kuesioner. Hasil dari evaluasi tersebut adalah:

  1. Bahan dasar dalam pembuatan hand sanitizer alami yang mudah ditemukan serta proses pembuatan yang mudah dilakukan (6/6)
  2. Hand sanitizer yang dibuat beraroma khas daun sirih dan tidak membuat tangan menjadi kering (6/6)
  3. Hand sanitizer yang dibuat dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari serta dapat menjaga kebersihan tangan (6/6)

Dari hasil evaluasi tersebut, sehingga dapat disimpulkan bahwa hand sanitizer alami mudah didapatkan dan memiliki aroma yang khas serta memiliki banyak manfaat.

Kegiatan evaluasi ini adalah agenda terakhir yang saya dan masyarakat sasaran lakukan, sehingga saya berharap semoga apa yang saya sampaikan dari awal hingga akhir pertemuan dapat menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat sasaran dan juga dapat membantu permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.