METODE LATIHAN KEBUGARAN TUBUH BERBASIS DARING SEBAGAI ALTERNATIF LATIHAN MANDIRI DI CLUB PENCAK SILAT PSHT BADUNG PASCA PANDEMI COVID 19

    Pada tahun 2020 hingga tahun 2021, seluruh tempat latihan Pencak Silat di daerah Kabupaten Badung, Kecamatan Kuta, Provinsi Bali di liburkan hingga sampai masa pandemi covid 19 berakhir, Setelah keputusan Pemerintah setempat memutuskan adanya new normal maka tempat latihan Pencak Silat PSHT ( Persaudaraan Setia Hati Terate ) kembali di buka, tetapi dengan syarat memenuhi protokol kesehatan dan meminimalisir Atlet / peserta latihan. 

    Terkait permasalahan yang diambil dari hasil observasi adalah Metode Latihan Kebugaran Tubuh Berbasis Daring Sebagai Alternatif Latihan Mandiri di Club Olahraga Pencak Silat PSHT Badung Pasca Pandemi Covid 19, maka dari itu pentingnya memberikan metode latihan fisik / kebugaran tubuh untuk Atlet–atlet PSHT Badung dengan cara memberikan program latihan berupa video yang telah di sebar melewati media sosial yang dapat dilakukan dirumah pada pasca Pandemi Covid-19, guna menjaga kebugaran dan imun tubuh para Atlet Pencak Silat PSHT Badung, menciptakan kebiasaan yang baru kepada para pemain Atlet PSHT pada masa pandemi, yaitu dengan kebiasaan melakukan latihan fisik pada saat sedang berada di rumah, memberikan model latihan kebugaran tubuh sebagai alternatif tubuh kembali bugar dan fisik Atlet tetap terjaga kepada setiap Atlet Pencak Silat PSHT Badung di masa pandemi covid-19. 

 Ada beberapa permasalahan dan persoalan yang dapat diambil dari observasi dengan topik “Pendidikan / Pembelajaran di masa / pasca pandemi covid-19“ adalah : 

  1. Kurangnya kesadaran setiap Atlet untuk melakukan latihan fisik / kebugaran tubuh pada saat di rumah.
  2. Kurangnya kesadaran setiap Atlet akan pentingnya menjaga kebugaran dan imun tubuh pada masa pandemi covid-19.
  3. Minimnya pengetahuan  para Atlet tentang cara menyusun program latihan fisik / kebugaran tubuh  yang dapat dilakukan di  rumah, sehingga para Atlet enggan melakukan latihan di rumah.

ada alternatif yang dapat diberikan terkait permasalahan pada Atlet PSHT Badung yang malas melakukan latihan di rumah, dan minimnya pengetahuan para pemain tentang bagaimana menyusun program latihan fisik / kebugaran tubuh pada saat sedang berada di rumah, yakni : 

  1. Pembuatan grup WA (Whatsapp Grup) kepada para Atlet PSHT Badung untuk media komunikasi.
  2. Melakukan bimbingan online melalui via Whatsapp grup terkait pentingnya melakukan latihan fisik / kebugaran tubuh tambahan pada saat pandemi covid19 agar kondisi fisik setiap Atlet PSHT Badung tetap bugar dan prima.
  3. Memberikan model latihan fisik seperti; jogging, push up, back up, shit up, squat, dan burppess dan lain lain. kepada setiap pemain melalui bentuk video, lalu akan di sebarkan ke grup Whatsapp yang berisi para Atlet PSHT Badung.
  4. Melakukan evaluasi kepada para Atlet PSHT Badung guna mengetahui keefektifan projek yang telah dilakukan.