Minggu Kedua : Mengirimkan Materi Tentang Google Docs For Interactive Learning dan Modul Pelatihan Google Docs Ke Dalam Group Whatsapp Masyarakat Sasaran dan Melakukan Pertemuan Secara Daring melalui Platform Zoom

Dalam minggu kedua pelaksanaan KKNbD, penulis melaksanakan 3 rancangan kerja yang berbeda setelah minggu pertama. Untuk mencapai kesuksesan hasil KKNbD ini, penulis pada hari Selasa, 13 Juli 2021 pukul 19.00 – 21.00 WITA melakukan pemberian materi selanjutnya di Group Whatsapp dan juga membuka sesi diskusi bagi masyarakat sasaran yang ingin bertanya, dimana masyarakat sasaran adalah siswa/siswi SMP di Desa Giri Mas, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Pada saat penulis sudah membagikan materi ke dalam Group WhatsApp masyarakat sasaran terlihat beberapa masyarakat sasaran sangat antusias dalam memberikan respon balik berupa sebuah ucapan terima kasih atas materi yang diberikan.

Materi yang diberikan adalah Google Docs For Interactive Learning dan Modul Pelatihan Google Docs. Selain memberikan materi, penulis juga memberikan link tautan youtube yang berisikan tutorial penggunaan Google Docs yang dapat diikuti oleh masyarakat sasaran. Setelah membagikan materi kepada masyarakat sasaran, salah satu masyarakat sasaran bertanya kepada penulis terkait materi yang telah dibagikan, setelah bertanya penulis langsung memberikan jawaban kepada masyarakat sasaran tersebut, lalu respon balik dari masyarakat sasaran yang bertanya adalah melakukan permintaan dengan dibuatkan sebuah video tutorial agar lebih mengerti. Penulis setuju terhadap permintaan masyarakat sasaran tersebut, lalu penulis menyusun rencana untuk membuatkan video tutorial selama pembelajaran Google Docs.

Selanjutnya masyarakat sasaran kedua melakukan pertanyaan kepada penulis terkait dengan fitur translate document. Kemudian penulis menanggapi pertanyaan masyarakat sasaran tersebut dengan menjelaskan cara menggunakan fitur translate document, setelah itu penulis memberikan solusi tambahan dengan membuatkan video tutorial agar masyarakat sasaran dapat mengerti dengan jelas menggunakan fitur translate document. Pada hari Jumat, 16 Juli 2021 pukul 20.00 – 21.00 WITA melakukan pemberian materi selanjutnya di Group Whatsapp dan juga membuka sesi diskusi bagi masyarakat sasaran yang ingin bertanya. Materi yang diberikan adalah “Cara mengoperasikan Google Docs (Spreadsheets) dengan mudah” setelah itu penulis memberikan tutorial link youtube yang akan menjadi informasi tambahan bagi masyarakat sasaran. Selain memberikan materi dan link youtube penulis juga menginformasikan melalui redaksi yang penulis buat bahwa akan diadakan pertemuan secara daring melalui platform zoom pada hari Sabtu, 17 Juli 2021 pukul 15.00 – 16.00 WITA setelah membagikan informasi dan juga materi masyarakat sasaran merespon dengan baik.

        Keesokan harinya pada hari Sabtu, 17 Juli 2021 pukul 15.00 – 16.00 WITA, penulis memberikan link undangan zoom kedalam group, setelah itu menunggu masyarakat sasaran agar masuk ke dalam zoom. Setelah masyarakat sasaran sudah masuk ke dalam zoom, penulis memberikan salam pembuka dengan mengucapkan “Om Swastiastu” lalu melanjutkan dengan Doa pembuka menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Ketika sudah melakukan Doa pembuka lalu penulis melanjutkan dengan menanyakan kabar kepada masyarakat sasaran, lalu setelah itu penulis melakukan Share Screen untuk menampilkan materi presentasi yang dibuat pada Google Slides. Penulis melakukan presentasi materi hingga selesai, materi yang dipresentasikan adalah How to Translate Document With Google Docs, lalu setelah melakukan presentasi dengan Google Slides penulis memberikan tutorial bagaimana cara melakukan Translate Document sehingga selain informasi materi penulis juga memberikan informasi praktek kepada masyarakat sasaran. Lalu setelah itu penulis membuka sesi pertanyaan kepada masyarakat sasaran, namun dari masyarakat sasaran tidak ada pertanyaan. Setelah pertemuan selesai penulis memberikan salam penutup kepada masyarakat sasaran.

 

Link Video dan Materi pada Proses Pembelajaran Minggu Kedua :

https://drive.google.com/drive/folders/1HKkjmR0z0Y8nK1aBhehbsS_wVj_b-baA?usp=sharing

 

Tentang Penulis