Minggu Keempat : Mengirimkan Video Tutorial, Sumber Bacaan, Link Youtube, dan Materi Google Docs Ke Dalam Group Whatsapp Masyarakat Sasaran dan Melakukan Pertemuan Secara Daring melalui Platform Zoom

Dalam minggu keempat pelaksanaan KKNbD yaitu minggu terakhir pembelajaran sesuai dengan program kerja yang telah disusun oleh penulis, penulis melaksanakan tiga rancangan kerja setelah minggu ketiga. Untuk mencapai kesuksesan hasil KKNbD ini, penulis pada hari Selasa, 27 Juli 2021 pukul 19.00 – 20.00 WITA melakukan pemberian video tutorial yang sudah disiapkan oleh penulis pada hari sebelumnya, di Group Whatsapp dan juga membuka sesi diskusi bagi masyarakat sasaran yang ingin bertanya, dimana masyarakat sasaran adalah siswa/siswi SMP di Desa Giri Mas, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Pada saat penulis sudah membagikan video tutorial ke dalam Group WhatsApp masyarakat sasaran terlihat beberapa masyarakat sasaran sangat antusias dalam memberikan respon balik berupa sebuah ucapan terima kasih atas materi yang diberikan.

Video tutorial yang diberikan adalah “How to Use Template in Google Docs” jadi pada kesempatan kali ini penulis memberikan cara melalui video bagaimana menggunakan template atau kostum tampilan pada suatu dokumen. Jadi secara detail dan per-tahapan penulis memberikan tutorial sehingga dapat mudah dipahami oleh masyarakat sasaran. Sehingga masyarakat sasaran dapat mengkreasikan tampilan dokumen sesuai dengan yang diinginkan. Penulis memberikan video dikarenakan video tersebut dapat diulang kembali oleh masyarakat sasaran sehingga masyarakat sasaran dapat mengerti tentang menggunakan template pada sebuah dokumen baik itu Google Document, Google Slide, Google Spreadsheets, dan Google Form. Setelah memberikan video tutorial penulis juga memberikan jurnal bacaan kepada masyarakat sasaran. Jurnal terkait dengan penggunaan Google Docs di masyarakat sasaran tujuannya adalah memberikan gambaran kepada masyarakat sasaran yaitu “Google Docs dapat digunakan dimana saja?” jadi masyarakat sasaran mendapatkan informasi terkait implementasi dari penggunaan Google Docs.  

Selanjutnya pada hari Rabu, 28 Juli 2021 pukul 19.00 – 20.00 WITA penulis juga memberikan video tutorial selanjutnya. Terlihat masyarakat sasaran juga antusias dalam memberikan respon balik berupa ucapan terima kasih. Video tutorial yang dibagikan adalah “How to Use Citation in Google Docs” yaitu bagaimana cara menggunakan citation atau kutipan pada Google Docs. Tujuan dari pemberian tutorial ini adalah untuk menginformasikan dan membiasakan kepada masyarakat sasaran agar terbiasa menggunakan kutipan dari berbagai sumber resmi contohnya adalah jurnal atau buku. Jadi untuk kedepannya masyarakat sasaran sudah terbiasa dengan sumber-sumber yang akurat dalam mengerjakan suatu tugas atau membuat suatu presentasi menggunakan Google Docs.

Selain itu penulis juga memberikan materi yaitu, fitur dan kegunaan Google Docs dan juga Google Apps dimana Google Docs merupakan bagian dari Google Apps. Setelah itu penulis memberikan link youtube yang isinya adalah beberapa tips dan tutorial pengguaan Google Docs dari berbagai sumber tujuannya adalah menambah pengetahuan dari masyarakat sasaran terkait dengan penggunaan Google Docs. Setelah itu penulis juga memberikan tambahan berupa link website yang isinya adalah “menggunakan Google Slides dengan mudah” jadi didalam website itu terdapat bagian-bagian pengenalan dari Google Slides sehingga memberikan informasi kepada masyarakat sasaran agar tidak bingung dalam mengoperasikan fitur Slides. Penulis juga juga membuka sesi diskusi bagi masyarakat sasaran yang ingin bertanya.

Berikutnya pada hari Jumat, 30 Juli 2021 pukul 17.30 – 18.30 WITA, penulis memberikan link undangan zoom kedalam group, setelah itu menunggu masyarakat sasaran agar masuk ke dalam zoom. Setelah masyarakat sasaran sudah masuk ke dalam zoom, penulis memberikan salam pembuka dengan mengucapkan “Om Swastiastu” lalu melanjutkan dengan Doa pembuka menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Ketika sudah melakukan Doa pembuka lalu penulis melanjutkan dengan menanyakan kabar kepada masyarakat sasaran, lalu setelah itu penulis melakukan Share Screen untuk menampilkan materi presentasi yang dibuat pada Google Slides. Penulis melakukan presentasi materi hingga selesai, materi yang dipresentasikan adalah “Fun Learning With Google Docs” yaitu bagaimana masyarakat sasaran dapat belajar dengan metode belajar menyenangkan, lalu setelah melakukan presentasi dengan Google Slides penulis memberikan tutorial bagaimana cara cepat belajar menyenangkan dengan Google Docs. Lalu setelah itu penulis membuka sesi pertanyaan kepada masyarakat sasaran, namun dari masyarakat sasaran tidak ada pertanyaan. Setelah pertemuan selesai penulis memberikan salam penutup kepada masyarakat sasaran.

 

Link Video dan Materi pada Proses Pembelajaran Minggu Keempat :

https://drive.google.com/drive/folders/1TegjsdDIssUVdBdDO1GaHpET0leFHylL?usp=sharing

Tentang Penulis