Minggu Keempat Pelaksanaan KKNbD 2021: Kegiatan pendampingan pelatihan kepada masyarakat sasaran secara luring

Hari Minggu, 25 Juli 2021 pukul 13.00, merupakan kegiatan KKNbD pada minggu keempat. Dimana pada tanggal tersebut dilakukan kegiatan pendampingan pelatihan pembuatan akun Shopee dan penjualan dengan aplikasi Shopee kepada masyarakat sasaran yang berlokasi di rumah masyarakat sasaran KKNbD. 

Adapun kegiatan yang dilakukan pada pelatihan tersebut, yaitu:

1. Pendampingan pembuatan akun Shopee

Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui apakah masyarakat sasaran dapat membuat akun sendiri yang mana akun tersebut nantinya akan digunakan oleh masyarakat sasaran untuk melakukan penjualan produknya. 

2. Pendampingan penjualan produk

Pada kegiatan ini, penulis memberikan arahan kepada masyarakat sasaran mengenai cara menambahkan produk pada aplikasi Shopee. Pada kegiatan ini merupakan kegiatan yang penting karena pada menu tambah produk ini terdapat beberapa menu yang memang harus diperhatikan dan diisi dengan teliti, agar nantinya tidak terjadi kesalahan di dalam penjualan produk. 

3. Penjelasan mengenai tampilan toko saya

Penulis menjelaskan kepada masyarakat sasaran mengenai tampilan-tampilan yang harus diperhatikan oleh masyarakat sasaran agar tko dapat berjalan dengan baik.

Pelatihan ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana masyarakat sasaran memahami materi dan penjelasan yang telah diberikan pada saat pelaksanaan kegiatan yang dilakukan pada group WhatsApp selama 3 minggu ini. 

Hari Kamis, 29 Juli 2021 pukul 17:01, dilaksanakan kegiatan diskusi dengan masyarakat sasaran pada group WhatsApp yang telah dibuat. Yang mana, diskusi tersebut dilaksanakan untuk mengetahui kendala yang dialami oleh masyarakat sasaran di dalam penggunaan aplikasi Shopee, terutama kepada masyarakat sasaran yang tidak dapat mengikuti kegiatan pelatihan secara luring. 

Berikut merupakan dokumentasi kegiatan pendampingan dan diskusi antara penulis dengan masyarakat sasaran yang dapat dilihat pada link dibawah ini:

https://drive.google.com/drive/folders/1TlDKd6LbS1hRk6QWilcgwzY0IcE4S647

Tentang Penulis