Minggu Keempat: Pertemuan 2 Pelaksanaan Kegiatan Sharing Session Mengenai Pembuatan, Penjualan Serta Promosi Produk Ladrang Daun Kelor Bersama 6 Masyarakat Sasaran Di Desa Kaliasem.
- Oleh Ni Kadek Ayu Sri Swediani
- Sunday 01/08/2021
- Kelompok 63, Kelompok, Kelompok
Pelaksanaan kegiatan KKNbD Undiksha tahun 2021 minggu keempat pertemuan 2 di Desa Kaliasem. Pada Sabtu, 31 Juli 2021, Penulis bersama 6 ibu-ibu masyarakat sasaran telah melaksanakan kegiatan KKNbD secara daring (dalam jaringan) pada minggu keempat pertemuan 2 yaitu pelaksanaan kegiatan sharing session atau sesi berdiskusi melalui group whatsapp, kegiatan ini merupakan pertemuan secara online yang bertujuan agar 6 masyarakat sasaran dapat menceritakan beberapa hal yang terjadi selama kegiatan pada masing-masing masyarakat terkait pembuatan, penjualan dan promosi produk ladrang daun kelor berlangsung.
Pelaksanaan kegiatan KKNbD pada minggu keempat pertemuan 2 bersama 6 masyarakat sasaran secara online melalui group whatsapp memiliki rincian pelaksanaan kegiatan adalah sebagai berikut:
Pada Sabtu, 31 Juli 2021, Penulis bersama 6 masyarakat sasaran telah melaksanakan kegiatan KKNbD Undiksha tahun 2021 di Desa Kaliasem dengan jadwal kegiatan pada minggu keempat pertemuan 2 yaitu melaksanakan kegiatan sharing session atau sesi diskusi secara online melalui group whatsapp terkait proses pembuatan produk ladrang daun kelor, dan juga diskusi mengenai penjualan serta promosi secara online dan offline. Pelaksanaan kegiatan pada hari ini memiliki tujuan kegiatan yaitu sebagai sarana komunikasi dan bertukar cerita bagi 6 masyarakat sasaran dengan penulis, hal-hal yang di diskusikan yakni terkait perkembangan penjualan produk ladrang daun kelor yang telah mereka jalankan, selain penjualan juga terdapat sesi diskusi mengenai promosi yang mereka tawarkan secara online yakni menggunakan sosial media yaitu aplikasi facebook dan memanfaatkan fitur marketplace yang terdapat pada aplikasi facebook tersebut yang mana dengan memanfaatkan fitur marketplace tersebut 6 masyarakat sasaran dapat menarik minat konsumen dengan lebih banyak menggunakan gambar promosi produk ladrang daun kelor yang menarik dan jelas dilhat oleh para konsumen, fitur tersebut juga memudahkan masyarakat sasaran berinteraksi langsung dengan konsumen ketika hendak membeli produk ladrang daun kelor karena terdapat sistem pesan otomatis yang sekali klik akan menanyakan ketersediaan produk tersebut. Sesi diskusi yang telah dilaksanakan ini juga membahas mengenai pemasaran secara offline yang dilakukan yaitu memasarkan produk ladrang daun kelor pada warung dan toko di Desa Kaliasem. Dari seluruh promosi secara online dan offline yang dilakukan oleh 6 masyarakat sasaran ternyata berhasil dalam menarik minat konsumen sehingga 6 masyarakat tersebut sudah memiliki beberapa orderan yang masuk dan pesanan produk ladrang daun kelor tersebut dipesan oleh konsumen dengan cara online melalui fitur marketplace pada aplikasi facebook, ada juga yang memesan dengan dating langsung ke rumah penjual serta ada juga yang dititipkan dan dijual langsung pada warung dan toko. Dalam pelaksanaan kegiatan sharing session ini 6 masyarakat sasaran sangat antusias dan bersemangat.
Terlaksananya kegiatan pada minggu keempat pertemuan 2 penulis bersama 6 masyarakat sasaran sangat bersinergi dengan baik dan memberi suatu hal positif dalam menambah pendapatan dalam keuangan ekonomi rumah tangga untuk membantu 6 masyarakat sasaran yang terdampak covid-19 di Desa Kaliasem.