Minggu Kelima Pelaksanaan Kegiatan Tahap Evaluasi Mengenai Keberhasilan Program Kerja, Pengalaman Serta Pesan 6 Masyarakat Sasaran Pada Kegiatan KKNbD Undiksha 2021 Di Desa Kaliasem.

    Pelaksanaan kegiatan KKNbD Undiksha tahun 2021 minggu kelima di Desa Kaliasem. Pada Minggu, 1 Agustus 2021, Penulis bersama 6 ibu-ibu masyarakat sasaran telah melaksanakan kegiatan KKNbD secara daring (dalam jaringan) pada minggu kelima yaitu pelaksanaan kegiatan pertemuan terakhir yaitu tahap evaluasi menggunakan media kuisioner yang didalamnya telah terdapat beberapa pertanyaan mengenai nama, alamat dan pertanyaan terkait keberhasilan program kerja pada kegiatan KKNbD Undiksha tahun 2021 melalui group whatsapp. Kegiatan ini merupakan pertemuan secara online terakhir yang bertujuan agar 6 masyarakat sasaran dapat menjawab dan memberi pendapat mereka terkait beberapa hal yang terjadi selama kegiatan KKNbD berlangsung. Keberhasilan program kerja dapat diketahui ketika masing-masing masyarakat sasaran telah mengisi jawaban atau pendapat mereka terkait program kerja kegiatan KKNbD Undiksha tahun 2021 di Desa Kaliasem yang berlangsung selama 5 minggu ini.

    Pelaksanaan kegiatan KKNbD Undiksha tahun 2021  pada minggu kelima, penulis bersama 6 masyarakat sasaran melaksanakan kegiatan terakhir secara online melalui group whatsapp yang memiliki rincian pelaksanaan kegiatan sebagai berikut:

    Pada Minggu, 1 Agustus 2021 Penulis bersama 6 masyarakat sasaran telah melaksanakan kegiatan KKNbD Undiksha tahun 2021 di Desa Kaliasem dengan jadwal kegiatan pada minggu kelima yaitu melaksanakan kegiatan tahap evaluasi dengan mengisi dan menjawab kuisioner menggunakan google formulir yang penulis bagikan secara online melalui group whatsapp. Dalam angket evaluasi tersebut penulis mengisi beberapa pertanyaan yang wajib diisi oleh 6 masyarakat sasaran sebagai partisipan pada kegiatan KKNbD Undiksha tahun 2021 di Desa Kaliasem dengan judul yang diangkat yaitu “Penerapan Sistem Online Pada Usaha Kuliner Ladrang Daun Kelor Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19 Di Desa Kaliasem”, beberapa pertanyaan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Nama masyarakat sasaran
  2. Alamat masyarakat sasaran 
  3. Apakah program kerja yang diberikan dapat membantu keuangan dalam menambah pendapatan ibu-ibu di masa pandemi covid-19 ini?
  4. Bagaimana pengalaman ibu-ibu selama mengikuti kegiatan KKNbD penerapan sistem online pada usaha kuliner ladrang daun kelor bagi masyarakat terdampak covid-19 di desa kaliasem ini?
  5. Bagaimana pesan ibu-ibu mengenai pelaksanaan kegiatan kedepannya?

 Dalam kegiatan tahap evaluasi menggunakan pengisian kuisioner pada google formulir tersebut 6 masyarakat telah menjawab dengan memberikan jawaban yang bervariasi namun tetap dengan inti jawaban yang dapat penulis simpulkan yaitu program kerja yang telah dilaksanakan bersama dengan total 9 kali pertemuan yakni 3 kali pertemuan secara luring dan 6 kali pertemuan secara daring telah memperoleh hasil yang maksimal, tentu hasil tersebut menyatakan bahwa program kerja pada kegiatan KKNbD Undiksha tahun 2021 di Desa Kaliasem dengan 6 masyarakat sasaran berhasil mencapai target yang telah ditetapkan, yaitu 6 masyarakat sasaran telah mampu menciptakan suatu produk ladrang daun kelor serta mampu memasarkan produk ladrang daun kelor tersebut secara online. Dengan demikian pelaksanaan kegiatan KKNbD Undiksha tahun 2021 di Desa Kaliasem dengan judul yang diangkat yaitu “Penerapan Sistem Online Pada Usaha Kuliner Ladrang Daun Kelor Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19 Di Desa Kaliasem” dapat dinyatakan terselenggara dengan baik, lancer dan sukses. 

     Terlaksananya kegiatan KKNbD Undiksha tahun 2021 di Desa Kaliasem pada minggu kelima ini penulis bersama 6 masyarakat sasaran sangat bersinergi dengan baik dan dapat memperoleh suatu hal positif dalam menambah pendapatan dalam keuangan ekonomi rumah tangga untuk membantu 6 masyarakat sasaran yang terdampak covid-19 di Desa Kaliasem.

Tentang Penulis
Ni Kadek Ayu Sri Swediani