Minggu Ketiga : Mengirimkan Video Tutorial dan Sumber Bacaan Google Docs Ke Dalam Group Whatsapp Masyarakat Sasaran dan Melakukan Pertemuan Secara Daring melalui Platform Zoom

Dalam minggu ketiga pelaksanaan KKNbD, penulis melaksanakan empat rancangan kerja setelah minggu kedua. Untuk mencapai kesuksesan hasil KKNbD ini, penulis pada hari Senin, 19 Juli 2021 pukul 20.00 – 21.30 WITA melakukan pemberian video tutorial yang sudah disiapkan oleh penulis pada hari sebelumnya, di Group Whatsapp dan juga membuka sesi diskusi bagi masyarakat sasaran yang ingin bertanya, dimana masyarakat sasaran adalah siswa/siswi SMP di Desa Giri Mas, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Pada saat penulis sudah membagikan video tutorial ke dalam Group WhatsApp masyarakat sasaran terlihat beberapa masyarakat sasaran sangat antusias dalam memberikan respon balik berupa sebuah ucapan terima kasih atas materi yang diberikan.

Video tutorial yang diberikan adalah “Bagaimana cara menggunakan fitur docs translator yang disediakan oleh Google Docs. Docs translator adalah fitur yang digunakan untuk mengubah bahasa menjadi bahasa yang diinginkan sehingga pengguna dapat dengan mudah mengubah bahasa suatu dokumen menjadi bahasa lainnya. Fitur ini lebih efektif dibandingkan dengan Google Translate, karena dari sisi grammar lebih sesuai dan bahasanya tidak berantakan. Fitur ini perlu diketahui oleh masyarakat sasaran dikarenakan akan sangat berguna bagi masyarakat sasaran ketika menyelesaikan tugas-tugas yang diharuskan untuk mengubah bahasa Indonesia menjadi bahasa lainnya. Selain memberikan tutorial yang dibuat oleh penulis, penulis juga memberikan link youtube dan juga jurnal bacaan. Link youtube yang diberikan adalah rekaman webinar yang berjudul “Mengenal Kecanggihan Google Docs” dimana dalam webinar dijelaskan mengenai keunggulan dari Google Docs.

Selain itu penulis juga memberikan jurnal bacaan kepada masyarakat sasaran, jadi selain memberikan materi dan tutorial penulis juga memberikan informasi lain yang terkait dengan penggunaan Google Docs agar wawasan masyarakat sasaran semakin luas. Tujuan dari “mengapa menggunakan jurnal?” karena telah diketahui bahwa masyarakat sasaran jenjang pendidikannya adalah SMP jadi pemberian sumber bacaan jurnal untuk membiasakan masyarakat sasaran agar mencari informasi yang lebih akurat yaitu pada jurnal.

Selanjutnya pada hari Rabu, 21 Juli 2021 pukul 19.30 – 20.30 WITA melakukan pemberian video tutorial selanjutnya di Group Whatsapp dan juga membuka sesi diskusi bagi masyarakat sasaran yang ingin bertanya. Video tutorial yang diberikan adalah “How to Open Google Docs in Microsoft Office” jadi memberikan informasi kepada masyarakat sasaran bagaimana cara membuka dokumen yang telah dibuat di Google Docs agar dapat dibuka pada Microsoft Office. Selain itu penulis juga memberikan jurnal bacaan tentang “Google Docs sebagai solusi pengerjaan tugas kelompok dalam pembelajaran daring di tengah pandemi Covid -19”, jadi penulis memberikan informasi bacaan sesuai dengan program kerja yang sedang dijalankan agar masyarakat sasaran lebih paham secara mendasar tujuan dari program kerja yang sudah dilaksanakan. Lalu selanjutnya penulis memberikan informasi pertemuan secara daring melalui platform zoom yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 25 Juli 2021 pukul 15.00 – 20.00 WITA jadi pelaksanaan zoom dilakukan dua kali untuk pertemuan pertama membahas tentang permintaan diskusi masyakrakat sasaran yaitu tentang membuat Resume pada Google Docs dan pertemuan kedua yaitu pemberian materi.

        Pada hari Minggu, 25 Juli 2021 pukul 15.00 – 16.30 WITA, penulis memberikan link undangan zoom kedalam group untuk melaksanakan sesi pertama zoom, setelah itu menunggu masyarakat sasaran agar masuk ke dalam zoom. Setelah masyarakat sasaran sudah masuk ke dalam zoom, penulis memberikan salam pembuka dengan mengucapkan “Om Swastiastu” lalu melanjutkan dengan Doa pembuka menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Ketika sudah melakukan Doa pembuka lalu penulis melanjutkan dengan menanyakan kabar kepada masyarakat sasaran, lalu setelah itu penulis melakukan Share Screen untuk menampilkan Google Docs yang sudah terbuka dan langsung memberikan tutorial cara membuat Resume menggunakan Google Docs. Lalu setelah itu penulis membuka sesi pertanyaan kepada masyarakat sasaran, namun dari masyarakat sasaran tidak ada pertanyaan. Setelah pertemuan selesai penulis memberikan salam penutup kepada masyarakat sasaran.

    Lanjut ke pertemuan selanjutnya yaitu pukul 19.00 – 20.00 WITA penulis menginformasikan kepada masyarakat sasaran untuk menggunakan link yang sama untuk dapat gabung ke dalam zoom. Setelah masyarakat sasaran sudah masuk ke dalam zoom, penulis memberikan salam pembuka dengan mengucapkan “Om Swastiastu” lalu melanjutkan dengan Doa pembuka menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Setelah itu melakukan pemberian materi “Google Docs Tips” untuk memberikan tips seputar penggunan Google Docs. Selanjutnya penulis membuka sesi pertanyaan kepada masyarakat sasaran, namun dari masyarakat sasaran tidak ada pertanyaan. Setelah pertemuan selesai penulis memberikan salam penutup kepada masyarakat sasaran.

 

Link Video dan Materi pada Proses Pembelajaran Minggu Ketiga :

https://drive.google.com/drive/folders/1SvMaRfX1ehrz2tjhQAm9e9w_mXIxpRQg?usp=sharing

Tentang Penulis