minggu ketiga pertemuan kedua pemberian pembelajaran IPA kepada siswa SD di desa kaliasem
- Oleh Luh Mas Eka Dartiani
- Wednesday 21/07/2021
- Kelompok 281, Kelompok, Kelompok
Rabu, 21 juli 2021
Pada minggu ketiga pertemuan kedua pembelajaran IPA kepada siswa SD di desa kaliasem, hari ini penulis memberikan materi tentang pertumbuhan dan perkembangan mahkluk hidup, dan pernafasan mahkluk hidup. Pada awal materi pertumbuhan dan perkembangan mahkluk hidup penulis membahas mengenai pengertian pertumbuhan dan perkembangan. Dimana pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua proses pada makhluk hidup yang berjalan sejajar dan berdampingan. Pertumbuhan adalah perubahan ukuran yang tidak dapat kembali ke asal (irreversible) yang meliputi pertambahan volume dan pertambahan massa yang disebabkan karena adanya pertambahan ukuran dan jumlah sel. Sedangkan perkembangan adalah proses menujunya kematangan fungsi organ-organ atau menuju tercapainya kedewasaan. Adapun isi materi yang dibahas pada pertemuan ini yaitu, pengertian pertumbuhan dan perkembangan pada mahkluk hidup, faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada mahkluk hidup, pertumbuhan dan perkembangan pada manusia, hewan dan tumbuhan, hubungan antara pertumbuhan dan perkembangan mahkluk hidup. Dalam materi pertumbuhan dan perkembangan mahkluk hidup siswa sangat antusias dalam mendengarkan dengan baik dalam memberikan materi tentang pertumbuhan dan perkembangan mahkluk hidup, penulis juga memberikan kesempatan bertanya bagi siswa yang belum paham. Setelah pemberian materi pertumbuhan dan perkembangan pada mahkluk hidup siswa melaksanakan istirahat selama tiga puluh menit dan dilanjutkan dengan pemberian materi tentang pernafasan pada mahkluk hidup. Pernapasan merupakan kegiatan makhluk hidup yang sangat penting, baik manusia maupun hewan. Sistem pernapasan yang terjadi pada makhluk hidup merupakan proses. Menghirup oksigen dari udara, kemudian mengeluarkan gas karbon dioksida dan uap air dengan menggunakan alat pernapasan. Adapun isi materi pernapasan mahkluk hidup yang dibahas dalam pertemuan ini yaitu, pengertian pernafasan, mengenal alat pernafasan pada manusia dan hewan, mekanisme pernafasan mahkluk hidup, penyakit pada alat pernafasan manusia. Dalam materi ini siswa sangat antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung serta penulis melakukan tanya jawab dengan siswa terkait materi yang telah disampaikan. Dalam akhir pembelajaran penulis memberikan latihan soal kepada siswa sebelum pulang guna untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa terkait materi yang telah disampaikan penulis. Berikut merupakan latihan soal pada akhir pembelajaran dalam materi pertumbuhan dan perkembangan mahkluk hidup dan pernafasan makluk hidup.
https://drive.google.com/file/d/13tAcN5nQXm3EyezTaul0ZHHqbcioPjbN/view?usp=sharing