Minggu Pertama Pelaksanaan KKNT 2021 di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Bali.
- Oleh Gede Angga Pratama Anugraha
- Monday 12/07/2021
- Kelompok 68, Kelompok, Kelompok
Senin, 12 July 2021. Kegiatan KKNT
2021 minggu pertama mulai dilaksanakan pada tanggal 5 Juli 2021 di Desa
Pancasari. Desa Pancasari bertempat di kecamatan Sukasada, Buleleng Bali.
Kegiatan yang akan dilaksanakan adalah berupa proses pembelajaran khususnya
dalam studi Bahasa Inggris. Terdapat lima masyarakat sasaran yang merupakan
siswa kelas 6 tingkat Sekolah Dasar yang mengikuti program KKNT 2021 ini.
Kelima masyarakat ini akan mengikuti pembelajaran secara daring melalui WhatsApp
Group dengan metode pembelajaran Blended Learning. Blended Learning merupakan
model pembelajaran efektif dengan mencampurkan model pembelajaran tradisional
dengan pembelajaran modern (Panambaian, 2020). Artinya model ini merupakan proses
pembelajaran yang dapat dilakukan tanpa tatap muka secara langsung sekalipun,
melainkan dapat berinteraksi melalui platform tertentu, sehingga proses
pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik.
Pada minggu pertama KKNT 2021 ini,
kegiatan diawali dengan pembuatan grup WhatsApp yang diikuti oleh lima siswa
kelas 6 tingkat Sekolah Dasar di Desa Pancasari. Sebelumnya, penulis telah
meminta ijin terlebih dahulu kepada masyarakat sasaran untuk ikut bergabung dan
mereka menyetujui untuk mengikuti program yang akan dilaksanakan ini. Dengan
adanya WhatsApp ini, penulis dapat melakukan bimbingan dan berdiskusi
dengan baik kepada 5 partisipan tersebut. Setelah mereka masuk dalam group
chat ini¸ mereka mengisi Google Form yang ditujukan untuk
mengisi identitas mereka. Di Hari selanjutnya, melalui WhatsApp Group kita
menyepakati materi dan metode pembelajaran yang dilakukan dalam program KKNT 2021
ini. Penulis juga akan mengingatkan mereka untuk mengunduh aplikasi Quizizz,
sebagai aplikasi yang akan digunakan untuk melakukan kuis dan tes. Selain
menyuruh mereka untuk mengunduh aplikasi ini, penulis juga memberikan arahan
terkait penggunaan aplikasi tersebut. Di hari berikutnya, penulis membagikan tautan
Google Form yang wajib diisi oleh orang tua mereka sebagai observasi
mengenai tanggapan mereka terkait pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh
pihak sekolah. Terakhir dalam minggu pertama ini, penulis mulai menyiapkan
Materi Pembelajaran baik itu berupa gambar maupun video pembelajaran mengenai vocabulary.
Referensi
Panambaian,
T. (2020). “Penerapan program pengajaran dengan model blended learning pada
sekolah dasar di Kota Rantau”. Journal Analytica Islamica. 9(1); 52-68.
Diakses dari http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/article/view/8413.