Monitoring dan Evaluasi program KKNbD tahun 2021, serta pemberian materi tambahan berupa video tentang cara menjaga Imunitas Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

Link Google Formulir evaluasi 

Pada akhir minggu ke-4 kegiatan KKNbD UNDIKSHA, tepatnya pada tanggal 31 Juli 2021, penulis melakukan monitoring perkembangan program yang telah diberikan kepada masyarakat sasaran, dengan menanyakan kendala-kendala yang dihadapi setelah pemberian materi dan pendampingan pembuatan akun media sosial. Selain itu penulis juga menanyakan terkait kemajuan yang telah dialami masyarakat sasaran setelah diberikan materi pelatihan pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran dan manfaat yang dirasakan memanfaatkan media sosial tersebut dalam memasarkan produk mereka.

Selain itu Pada minggu ke-5 tepatnya pada tanggal 02 Agustus 202, penulis melaksanakan evaluasi mengenai pelaksanaan KKNbD yang telah dilaksanakan selama ini bersama masyarakat sasaran. Kegiatan ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui kendala-kendala yang dialamai masyarakat sasaran. Selain itu evaluasi juga bertujuan agar masyarakat sasaran dapat memberikan pesan kesan mengenai kegiatan KKNbD yang telah dilaksanakan selama ini. Evaluasi ini dilaksanakan melalui platform Google Formulir dan WhatsApp group. Evaluasi ini terdiri dari 11 pertanyaan. Catatan kendala, kesan dan pesan yang disampaikan siswa menjadi catatan penting bagi penulis untuk digunakan sebagai pertimbangan mengajar dimasa mendatang. 

Selain kedua kegiatan diatas, penulis juga melaksanakan kegiatan spesial sebagai penutup pelaksanaan program KKNbD di Desa Undisan bersama para Petani dan pelaku UMKM, yaitu dengan memberikan video tambahan berupa video tentang cara menjaga imunitas dimasa pandemi. Kegiatan ini sudah menerapkan protokol kesehatan. Pertemuan secara luring ini sebagai kesempatan untuk menyapa dan berterima kasih kepada siswa secara langsung. 

Secara keseluruhan, pelaksanaan program KKNbD di Desa Undisan oleh penulis bersama 6 orang sebagai masyarakat sasrannya sudah terbilang sangat lancar. Tidak ada masalah yang berarti atau masalah yang berakibat fatal, hanya masalah-masalah ringan seperti salah satu masyarakat sasaran mengudurkan diri menjadi mitra dalam pelaksanaan KKNbD namun masalah ini sudah dapat penulis tangani dengan mencari penggantinya.

Berikut ini mereupakan dokumentasi kegiatan Monitoring dan evaluasi pelaksanaan program KKNbD Tahun 2021, Link video tata cara menjaga imunitas dimasa pandemi, serta link evaluai menggunakan Google formulir :


Link video materi tamabahan : https://youtu.be/NgfgKr_Fj5E 

Link Evaluasi KKNbD tahun 2021 : https://forms.gle/S2cjJU5sVrV2FsJZA


Tentang Penulis
A. A. Gede Putra Perbawa Dharma Yoga