Monitoring Lanjutan Pengelolaan Sosial Media Serta Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja KKNbD Yang Sudah Dilaksanakan

    Pada hari Sabtu, 31 Juli 2021 merupakan hari terakhir pelaksanaan KKNbD. Pada tahap ini diisi dengan kegiatan monitoring lanjutan mengenai pengelolaan sosial media masyarakat sasaran serta evaluasi dari pelaksanaan program kerja KKNbD yang sudah dilaksanakan selama 4 Minggu. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan platform WhatsApp Group.

    Monitoring lanjutan dilakukan karena pada saat monitoring pertama kemarin masyarakat sasaran belum mengelola instagram dengan maksimal, masyarakat sasaran belum menerapkan startegi atau tips pemasaran saat mengelola sosial media. Selain itu kegiatan monitoring ini juga dilakukan untuk mengetahui perkembangan penjualan masyarakat sasaran selama melakukan pemasaran di sosial media, apakah sudah mengalami peningkatan atau tidak. Adapun hasil dari kegiatan monitoring ini antara lain :

1. Dari kelima masyarakat sasaran sejauh ini dalam hal pengelolaan instagram sudah banyak mengalami perkembangan dibandingkan dengan pada saat monitoring pertama. Mereka sudah menerapkan strategi pemasaran saat mengelola instagram. Strategi-strategi yang digunakan seperti sudah mengubah poto profile instagram menjadi logo usaha, sudah menguploade konten-konten yang menarik, sudah memberikan promo menarik, serta pada saat menguploade konten di sosial media sudah menyertakan caption dengan menggunakan deskripsi yang sesuai dengan konten dan juga pilihan kata yang tepat, pada caption juga sudah dilengkapi dengan hashtag, mengingat penggunaan hastag cukup penting karena dengan ditambahakan hashtag pada caption maka postingan yang dikirim bisa tersebar lebih luas lagi. Dengan menerapkan strategi pemasaran produk yang dijual masyarakat sasaran akan mampu bersaing di dunia pasar online.

Adapun perkembangan dari sosial media masyarakat sasaran Saya lampirkan pada link dibawah ini "

https://drive.google.com/drive/folders/1cZmll7zmzIhqSA2c65Ub-UQl39q7H20T?usp=sharing

2. Dalam hal peningkatan penjualan, setelah melakukan pemasaran melalui media sosial secara umum kelima masyarakat sasaran mengalami peningkatan penjualan meskipun tergolong baru memulai melakukan penjualan di media sosial. Selain penjualan secara konvesional, masyarakat sasaran jadi bisa menambah penghasilan melalui penjualan di media sosial. Dengan begitu tujuan dari pelaksanaan KKNbD yakni menambah penghasilan di masa pandemi seperti ini sudah tercapai.

Sesi monitoring ini berakhir pada pukul 17.06, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan evaluasi dari pelaksanaan program kerja KKNbD yang sudah dilaksanakan selama 4 Minggu. Evaluasi dilaksanakan secara daring menggunakan google form , mahasiswa mengirimkan link google form pada forum WhatsApp Group kemudian masyarakat sasaran diminta untuk mengisi form tersebut dengan jujur. Formulir tersebut diberikan bertujuan untuk mengetahui keberhasilan program kerja yang sudah dilaksanakan dan diharapkan dapat dijadikan bahan evaluasi agar pelaksanaan KKNbD lebih baik kedepannya. Dapat disimpulkan dari hasil penilaian masyarakat sasaran di google form bahwa pelaksanaan program kerja KKNbD "Pembinaan Ekonomi Kreatif Dengan Cara Pengenalan dan Pelatihan Strategi Pemasaran Online Kepada UMKM Kuliner Kelurahan Banyuning Di Masa Pandemi Covid-19" terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat sasaran yakni dengan penjualan yang meningkat sehingga bisa menambah penghasilan di masa pandemi.

Adapun hasil dari pengisian google form oleh masyarakat sasaran Saya lampirkan pada link dibawah ini :

https://drive.google.com/drive/folders/1Ey0rhT4QtQnlTJuTavy83KtHNGtZdM91?usp=sharing





Tentang Penulis