Monitoring Perkembangan Guru Mengenai Cara Penggunaan Dan Pembuatan Video Pembelajaran Beranimasi Pada Aplikasi Animaker Serta Melakukan Evaluasi

Pada tanggal 19 Juli 2021 sampai tanggal 28 Juli 2021 adalah minggu ke-3 dan minggu ke-4 kegiatan KKNbD. Kegiatan yang dilaksanakan adalah melakukan kegiatan memonitoring perkembangan guru-guru mengenai cara penggunaan aplikasi dan pembuatan video pembelajaran animasi pada aplikasi animaker. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SD Negeri 1 Ngis dengan masyarakat sasaran (guru), dimana pelaksanaanya dilakukan secara langsung (luring) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Selama 2 minggu sebelumnya sudah melakukan kegiatan pelatihan dan pendampingan dalam mempraktekkan cara penggunaan dan pembuatan video menggunakan aplikasi animaker sehingga kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman terhadap masyarakat sasaran (guru). Kegiatan memonitoring inilah yang akan membantu saya untuk mengathui bagiamana hasil dati kegiatan yang dilaksanakan selama 2 minggu tersebut.

Dalam kegiatan memonitoring perkembangan penggunaan dan pembuatan video menggunakan aplikasi animaker selama 1 minggu lebih ini, saya mengarahkan guru-guru untuk membuka aplikasi animaker terlebih dahulu. Selanjutnya, sesuai dengan tahapan cara-cara penggunaan aplikasi animaker, guru-guru dipersilakan untuk melakukan kegiatan terkait cara penggunaan aplikasi dan cara langsung membuat video pembelajaran beranimasi menggunakan aplikasi animaker secara mandiri tanpa bimbingan. Saya melihat perkembangan yang sangat baik dari guru-guru, karena sudah sangat memahami cara penggunaan aplikasi dan membuat video pembelajaran beranimasi tersebut. Bahkan salah satu dari guru tersebut sudah bisa menerapkan Video pembelajaran beranimasi pada proses kegiatan belajar mengajar berlangsung ke grup kelas WhatsApp, yang dimana guru tersebut pada saat mengirimkan video tersebut mengatakan bahwa siswanya cukup antusias dalam merespon dan menyimak pembelajaran, karena dianggap menarik perhatian siswa yang berisi animasi serta audio yang memberikan efek semangat dan keseruan. Dalam membantu guru dalam menerapkan penggunaan video pembelajaran animasi tersebut, karena proses pembelajaran masih dilakukan secara daring , saya hanya memberikan arahan untuk mengirimkan video ke gurp kelas WhatsApp seperti mengirimkan pesan WhatsApp pada umumnya. Jadi tidak ada kendala yang dialami, dikarenakan guru-guru  mengikuti dengan baik pelatihan cara penggunaan aplikasi animaker dan pembuatan video animasinya, dari mendengarkan penjelasan, mempreaktekkan bersama-sama sampai mendiskusikan kendala-kendala yang dialami guru mengenai cara penggunaan dan pembuatan video pembelajaran animasi.

Dengan adanya kegiatan memonitoring ini, saya dapat melihat kemajuan yang dimilki oleh guru mengani cara penggunaan dan pembuatan video animasi pada aplikasi animaker. Respon dari guru-guru sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan ini, karena guru-guru dapat menunjukkan kemampuan yang mereka miliki dan juga mendapatkan pengetahuan baru. Sehingga dengan penggunaan aplikasi animaker ini guru-guru dapat melakukan proses kegiatan belajar mengajar dengan efektif.

Tentang Penulis