MULAI BERLATIH MEMBACA PENGGALAN CERITA MENGGUNAKAN AKSARA BALI

Kegiatan berlatih membaca penggalaan cerita menggunakan Aksara Bali ini dilaksanakan pada pelaksanaan kegiatan KKNT minggu kedua yakni pada tanggal 12-18 Juli 2021. Pelatihan ini tidak dilakukan setiap hari, namun menyesuaikan dengan kegiatan masyarakat sasaran di sekolahnya. Adapun kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pada minggu kedua ini, yaitu sebagai berikut :

  • Pada hari Senin, 12 Juli 2021 dilaksanakannya pembelajaran menulis kata maupun kalimat beraksara bali melalui WhatsApp Group serta tak lupa memberikan form latihan menulis aksara bali sebagai latihan untuk masyarakat sasaran di rumah mereka masing-masing.
  • Pada hari Jumat, 16 Juli 2021 dilaksanakannya pembelajaran menerjemahkan secara perlahan sebuah teks penggalan cerita yang menggunakan aksara bali ke aksara latin yang dilaksanakan pada media Zoom Meeting dikarenakan dari para masyarakat sasaran ingin sekalian mempelajari bagaimana cara menggunakan Zoom Meeting tersebut karena di sekolah mereka juga menggunakan media tersebut tetapi mereka masih kurang paham. Jadi, dikarenakan menggunakan media tersebut untuk teks penggalan cerita tersebut ditayangkan dalam media ini dan para masyarakat sasaran menerjemahkannya secara perlahan lahan. Setelah sesi pembelajaran ini berakhir, untuk materi yang ditayangkan tadi diberikan kepada masyarakat sasaran ke rumahnya masing-masing untuk dipelajari guna memperlancar keahlian mereka dalam menerjemahkan.
  • Pada hari Sabtu, 17 Juli 2021 dilaksanakan pembelajaran dengan mengulang membaca teks penggalan cerita yang sudah diberikan kemarin ke masing-masing rumah masyarakat sasaran sebagai bahan evaluasi apakah masyarakat sasaran sudah mulai paham dalam konsep menerjemahkan ini atau tidak. Dari evaluasi tersebut dilihat para masyarakat sasaran sudah mulai paham dalam konsep menerjemahkan tersebut oleh karena itu akan dilaksanakan pembelajaran ini lagi pada pertemuan berikutnya.