Observasi Permasalahan Masyarakat Selama Pandemi Covid-19 dan Sosialisasi Dengan Masyarakat Sasaran Mengenai Belajar Daring Melalui Whatsapp

   Tahap awal pelaksanaan KMbD yakni tahap observasi mengenai permasalahan yang di alami oleh masyarakat selama pandemi covid-19. Kegiatan observasi dilaksanakan secara online  dengan cara menelusuri sosial media dan website . Setelah diketahuinya permasalahan yang dialami oleh masyarakat selama pandemi covid-19, maka dilanjutkan dengan penentuan masyarakat sasaran melalui chatting via whastapp. Adapun permasalahan yang dialami masyarakat yakni berkaitan dengan bidang pendidikan, sehingga mengakibatkan menggunakan topik tentang pembelajaran untuk program KMbD dan penentuan masyarakat sasaran yakni para siswa di jenjang SD, SMP, dan SMA. Kedua kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 27-28 Mei 2020 dan 1 -2 Juni 2020. Berikut merupakan sumber yang dijadikan dasar dalam pemutusan permasalahan atau topik yang akan dikembangkan dalam kegiatan KMbD. 

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/bali-terapkan-pembelajaran-jarak-jauh-di-tengah-covid19

https://www.nusabali.com/berita/71019/jembrana-dan-tabanan-juga-perpanjang-belajar-di-rumah

https://www.instagram.com/p/B9wJrEB97n/?igshid=1k5qnykktq7xn


   Setelah kegiatan observasi dan penentuan masyarakat sasaran, maka pada hari pertama pelaksanaan kegiatan sesuai dengan program kerja yakni tanggal 6 Juli 2020 dilanjutkan dengan kegiatan atau tahap sosialisasi. Tahap sosialisasi merupakan tahap yang paling penting dilaksanakan, sebab dengan adanya sosialisasi masyarakat sasaran akan lebih memahami maksud dan tujuan kegiatan yang akan dilaksanakan dan mengetahui manfaat apa saja yang akan mereka dapatkan melalu kegiatan yang akan di ikutinnya. Adapun tahap sosialisasi ini membahas tentang belajar daring sesuai dengan program yang di kembangkan dan kegiatan sosialisasi dilaksanakan dengan cara chatting via whastapp.


Tentang Penulis
Gusti Ayu Teristalya Merata Putri