Pelaksanaan Bimbingan Belajar Berbasis Daring: Belajar Mengenai "Direction"
- Oleh Putu Vergi Damayanti
- Saturday 01/08/2020
- Kelompok 187, Kelompok, Kelompok
Kegiatan
bimbingan belajar berbasis daring pada minggu ke-empat, dilakukan diskusi
mengenai menanyakan dan memberikan arah (asking
and giving direction). Diskusi dilakukan melalui grup Whatsapp pada tanggal 27 Juli 2020.
Selain diskusi, diadakan latihan listening
section untuk memaksimalkan kemampuan dasar (basic
skills) dalam belajar bahasa inggris pada siswa. Diskusi diawali dengan memberikan
pertanyaan terkait bagaimana siswa belajar bahasa inggris dalam sesi
mendengarkan saat di sekolah, masalah yang dihadapi siswa saat belajar bahasa
inggris dalam sesi mendengarkan serta solusi yang dilakukan siswa dalam
mengatasi masalah tersebut. Sebelum diskusi ke materi, penulis
bertanya kepada siswa terkait pengalamannya dalam menanyakan atau memberikan
arah. Diskusi berlanjut dengan membahas terkait ungkapan-ungkapan yang
digunakan untuk menanyakan dan memberikan arah, lalu siswa diminta menunjukkan
ungkapan menanyakan dan memberikan arah berdasarkan cerita pengalaman siswa
yang telah diceritakan sebelum diskusi materi. Setelah sesi diskusi,
dilanjutkan dengan sesi mendengarkan (listening
section). Penulis mengirimkan siswa sebuah audio yang berisi arah menuju
suatu tempat. Audio ini penulis dapatkan dari pembelajaran salah satu mata
kuliah mendengarkan di universitas. Sebelum memulai sesi mendengarkan penulis
memberikan instruksi dalam menjawab dan menyarankan siswa untuk menggunakan
earphone atau headset agar audio terdengar lebih jelas. Setelah memberikan
instruksi, penulis mengirimkan audio beserta gambar lokasi dari audio, dan
siswa dapat memberitahu penulis jika terdapat kendala. Adapun kendala yang
dihadapi siswa, yaitu audio yang dikirimkan menurut siswa kurang jelas,
pengucapan dari pembicara sulit dipahami siswa. Untuk mengatasi kendala
tersebut penulis mengganti audio dengan catatan suara yang merupakan suara dari
penulis. Setelah mengganti audio dengan mengirimkan catatan suara, siswa dapat
mendengarkan audio dengan jelas dan menjawab pertanyaan dengan tepat dan
kegiatan berakhir.
Berikut
merupakan link gambar lokasi yang digunakan: