Pelaksanaan Bimbingan Belajar Sains dengan Melakukan Praktikum Sederhana di Panti Asuhan Destawan, Sawan

Pada Jum’at, 23 Juli 2021 dan hari Sabtu, 24 Juli 2021 saya melakukan bimbingan belajar sains secara online yaitu dengan mengirimkan materi terkait Pemuaian Zat dan Tekanan Zat di Whatsapp Group. Saya mengirimkan materi dalam bentuk PDF dan juga PowerPoint. Setelah saya kirimkan, lalu saya meminta adik-adik untuk membaca dan mencermati terlebih dahulu materi tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama yaitu apabila ada adik-adik yang masih kebingungan dan memiliki pertanyaan maka bisa disampaikan langsung di Whatsapp Group tersebut. Suasana pembelajaran secara online ini menurut saya sudah berjalan dengan lancar.

Lalu saya melaksanakan bimbingan belajar secara langsung ke Panti Asuhan Destawan pada hari Senin, 26 Juli 2021. Saya meminta adik-adik untuk melakukan 2 praktikum sederhana. Adapun 2 praktikum sederhana yang dilakukan tersebut mengenai tekanan hidrostatis dan juga pemuaian gas. Tujuan dari praktikum tekanan hidrostatis yaitu untuk mengetahui cara dalam menentukan tekanan hidrostatis, dan mengetahui hubungan antara kedalaman air dengan tekanan hidrostatis. Alat dan bahan yang digunakan pada praktikum tekanan hidrostatis ini sangat mudah untuk dijumpai yakni botol bekas, air, penggaris, paku, dan selotip. Sedangkan tujuan dari praktikum pemuaian gas yaitu untuk menunjukkan bahwa gas dapat memuai dan dapat membandingkan besar 2 balon ketika dimasukkan baking soda dan air cuka. Alat dan bahan yang digunakan pada praktikum pemuaian gas ini juga sangat mudah ditemukan yaitu balon, botol kaca bekas, baking soda, dan cuka.

Selama praktikum adik-adik terlihat sangat antusias dan mengikuti semua arahan yang telah saya katakan. Setelah mendapatkan hasilnya dan ditulis di kertas, lalu saya meminta perwakilan dari adik-adik tersebut untuk menyampaikan hasil praktikumnya. Mereka tampak sudah paham dengan kedua praktikum yang telah dilakukan.