Pelaksanaan Evaluasi Terkait Program Bincang Bersama Mencegah COVID-19 Kepada Masyarakat Sasaran

Kegiatan evaluasi terkait Program Bincang Bersama Mencegah COVID-19 dilaksanakan dengan berkunjung ke masing-masing rumah masyarakat sasaran pada Minggu, 25 Juli 2021 dan Senin, 26 Juli 2021. Kegiatan evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui kesan dan pesan dari masyarakat sasaran selama mengikuti kegiatan Program Bincang Bersama Mencegah COVID-19 sebagai solusi yang disusun berdasarkan permasalahan dari masyarakat sasaran di Desa Saba dalam pelaksanaan KKNbD Undiksha tahun 2021. Pelaksanaan evaluasi dilakukan selama 2 hari dengan pembagian yaitu pada Minggu, 25 Juli 2021 dilakukan kunjungan pada 4 orang masyarakat sasaran dan Senin, 26 Juli 2021 dilakukan kunjungan pada 1 orang masyarakat sasaran. Hal ini dikarenakan salah satu masyarakat sasaran terdapat kegiatan lain pada hari yang sudah dijadwalkan.

Adapun rangkaian kegiatan pada setiap kunjungan ke rumah masyarakat sasaran diantaranya yaitu, melakukan perbincangan singkat dengan masyarakat sasaran, pembuatan video evaluasi praktik menggunakan masker yang baik dan benar, membagikan poster edukasi mengenai menjaga kesehatan selama pandemi COVID-19 dan masker medis kepada masyarakat sasaran, menanyakan kesan dan pesan masyarakat sasaran terhadap kegiatan Program Bincang Bersama Mencegah COVID-19, dan sesi dokumentasi.

Agar poster edukasi yang diberikan dapat berfungsi dengan baik, penulis meminta izin pada masyarakat sasaran agar poster edukasi dapat langsung dipasang pada tempat yang sering dilalui oleh masyarakat sasaran dan keluarganya yaitu pintu karena merupakan jalur mobilisasi yang sering dilalui termasuk di rumah sehingga poster tersebut dapat selalu dilihat oleh masyarakat sasaran dan keluarganya serta diharapkan secara tidak langsung masyarakat sasaran selalu diingatkan untuk menjaga kesehatan selama pandemi COVID-19. Setelah pemasangan poster edukasi, penulis membagikan masker medis kepada masyarakat sasaran agar dapat digunakan kedepannya apabila masker yang dimiliki sudah habis dan tetap semangat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Setelah pembagian poster edukasi dan masker medis, penulis menanyakan kesan dan pesan dari masyarakat sasaran selama pelaksanaan Program Bincang Bersama Mencegah COVID-19 melalui teknik wawancara dan diisi dalam google form agar dapat dijadikan evaluasi kedepannya. Berdasarkan hasil evaluasi didapatkan seluruh masyarakat sasaran memberikan tanggapan positif dan dapat merasakan manfaat selama mengikuti kegiatan KKNbD ini. Evaluasi kegiatan dengan kunjungan ke rumah masyarakat sasaran diakhiri dengan sesi dokumentasi untuk kepentingan arsip dan kenang-kenangan selama pelaksanaan KKNbD.

Tentang Penulis
Ni Putu Finna Kartika Sarimertha