Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan Belajar: Hari Kedua

                    Pelaksanaan kegiatan bimbingan belajar hari kedua terlaksana hari ini, tanggal 22 Juli. Kegiatan berjalan lebih lancar dari hari kemarin, sebab telah terjadi kesepakatan antar penulis dengan orang tua siswa terkait batas waktu pengumpulan tugas selain itu kegiatan menjadi lebih ramai karena sudah hampir seluruh siswa tergabung dalam grup tersebut yang sebelumnya diwakili oleh orang tua mereka. Siswa aktif menjawab dan mengemukakan pendapat mereka dalam kegiatan. Seperti bertanya terkait tugas ataupun menjawab pertanyaan yang diberikan penulis. Namun nampaknya siswa masih mengikuti jawaban temannya setiap kali ditanya terkait sesuatu. Seperti pertanyaan diakhir kegiatan tentang bagian materi pembelajaran yang mereka sukai, mereka cenderung menjawab pertanyaaan dengan jawaban yang dijawab oleh teman – temannya terdahulu. Penulis memutuskan akan memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih berani menyatakan pendapat mereka sendiri.

            Bila ditinjau dari alur kegiatan pembelajaran, pembelajaran berlangsung sesuai RPP yang telah penulis susun. Pembelajaran Tema 1 sub tema 1 pembelajaran 4 memuat mata pelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia. PPKn mengenai gotong royong dan Bahasa Indonesia terkait gagasan pokok dan gagasan pendukung. Pembelajaran diawali dengan menyapa dan membagikan link absen, lalu lanjut pada apersepsi mengenai materi pembelajara pertama yaitu terkait gotong royong, penulis memberikan apersepsi yang membahas kegiatan gotong royong di lingkungan sekolah diantaranya kegiatan yang mereka lakukan saat jeda semester. Lalu mengirimkan bacaan terkait gotong royong dan LKPD terkait gotong royong. Setelahnya untuk pembelajaran Bahas Indonesia, penulis memberikan powerpoint terkait materi gagasan pokok dan gagasan pendukung sekedar untuk mengingatkan kembali sebab materi ini sebenarnya sudah mereka dapatkan pada kelas 4. Media pembelajaran yang digunakan berupa bacaan serta powerpoint. Selain itu dalam penugasan, penulis memberikan beberapa voice note kepada siswa untuk didengarkan dan diidentifikasi gagasan pokoknya. Hal ini bertujuan untuk melatih kemampuan mendengar dan konsentrasi anak. Pembelajaran diakhiri dengan memberikan kesimpulan, menyakan terkait bagian pembelajaran yang mereka sukai, pemberian motivasi dan apresiasi sederhana untuk usaha mereka pada hari ini, dan terakhir mengingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan. 

Tentang Penulis