Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan Belajar: Hari Kedua
- Oleh Ni Putu Amanda Rahma Dewi
- Thursday 22/07/2021
- Kelompok 35, Kelompok, Kelompok
Pelaksanaan kegiatan bimbingan
belajar hari kedua terlaksana hari ini, tanggal 22 Juli. Kegiatan berjalan
lebih lancar dari hari kemarin, sebab telah terjadi kesepakatan antar penulis
dengan orang tua siswa terkait batas waktu pengumpulan tugas selain itu kegiatan
menjadi lebih ramai karena sudah hampir seluruh siswa tergabung dalam grup
tersebut yang sebelumnya diwakili oleh orang tua mereka. Siswa aktif menjawab
dan mengemukakan pendapat mereka dalam kegiatan. Seperti bertanya terkait tugas
ataupun menjawab pertanyaan yang diberikan penulis. Namun nampaknya siswa masih
mengikuti jawaban temannya setiap kali ditanya terkait sesuatu. Seperti pertanyaan
diakhir kegiatan tentang bagian materi pembelajaran yang mereka sukai, mereka
cenderung menjawab pertanyaaan dengan jawaban yang dijawab oleh teman –
temannya terdahulu. Penulis memutuskan akan memberikan motivasi kepada siswa untuk
lebih berani menyatakan pendapat mereka sendiri.
Bila
ditinjau dari alur kegiatan pembelajaran, pembelajaran berlangsung sesuai RPP yang
telah penulis susun. Pembelajaran Tema 1 sub tema 1 pembelajaran 4 memuat mata
pelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia. PPKn mengenai gotong royong dan Bahasa
Indonesia terkait gagasan pokok dan gagasan pendukung. Pembelajaran diawali
dengan menyapa dan membagikan link absen, lalu lanjut pada apersepsi mengenai
materi pembelajara pertama yaitu terkait gotong royong, penulis memberikan
apersepsi yang membahas kegiatan gotong royong di lingkungan sekolah
diantaranya kegiatan yang mereka lakukan saat jeda semester. Lalu mengirimkan bacaan
terkait gotong royong dan LKPD terkait gotong royong. Setelahnya untuk
pembelajaran Bahas Indonesia, penulis memberikan powerpoint terkait materi
gagasan pokok dan gagasan pendukung sekedar untuk mengingatkan kembali sebab
materi ini sebenarnya sudah mereka dapatkan pada kelas 4. Media pembelajaran
yang digunakan berupa bacaan serta powerpoint. Selain itu dalam penugasan,
penulis memberikan beberapa voice note kepada siswa untuk didengarkan dan diidentifikasi
gagasan pokoknya. Hal ini bertujuan untuk melatih kemampuan mendengar dan
konsentrasi anak. Pembelajaran diakhiri dengan memberikan kesimpulan, menyakan
terkait bagian pembelajaran yang mereka sukai, pemberian motivasi dan apresiasi
sederhana untuk usaha mereka pada hari ini, dan terakhir mengingatkan untuk
mematuhi protokol kesehatan.