Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan Belajar: Hari Pertama
- Oleh Ni Putu Amanda Rahma Dewi
- Wednesday 21/07/2021
- Kelompok 35, Kelompok, Kelompok
Kegiatan bimbingan
belajar dilaksanakan tepat hari ini sampai tiga hari kedepan, yaitu sejak 21
Juli sampai 24 Juli. Kegiatan berlangsung melalui grup whatsapp yang
dimiliki oleh kelas 5. Pembelajaran dimulai pada pukul 08.00. Pelajaran hari
ini adalah Tema 1 sub tema 1 pembelajaran 3, mata pelajaran PPKn dan IPS.
Pertama – tama
tentu penulis melakukan perkenalan diri dan menyapa siswa serta orang tua siswa
yang tergabung dalam grup whatsapp tersebut. Selanjutnya penulis mengirimkan
link absensi dan mengingatkan siswa untuk melakukan absensi sebelum
pembelajaran dimulai. Siswa merespon dengan baik melalui telepon genggam yang
mereka miliki sendiri atau melalui telepon orang tuanya. Penulis menanyakan persepsi
berkaitan dengan materi sesuai RPP yang telah disusun. Siswa menjawab dengan
antusias dan meskipun terdapat beberapa kesalahan saat menjawab, tetapi penulis
berusaha untuk merespon usaha mereka untuk menjawab pertanyaan. Pembelajaran mengutamakan
antusias dan keaktifan siswa. Selain itu memberikan apresiasi kepada siswa yang
mau memberikan jawaban atau pendapatnya akan membuat siswa termotivasi untuk
belajar dan mencoba.
Setelah beberapa
pertanyaan yang diberikan, penulis memasuki kegiatan inti pembelajaran dengan
mengirimkan komik pembelajaran ke grup. Setelah meminta siswa membaca dan
menyimak komik pembelajaran tersebut, penulis memberikan lembar kerja kepada
peserta didik untuk selanjutnya dikerjakan dan hasilnya dikirimkan melalui google
classroom. Namun ditengah pembelajaran, beberapa siswa baru tergabung dalam
grup setelah sebelumnya hanya orang tuanya yang berada dalam grup tersebut. Terdapat
orang tua siswa juga yang memberikan masukan agar waktu pengerjaan lembar kerja
diperpanjang. Selain itu guru kelas juga meminta penulis untuk memberikan waktu
yang lebih sebab beberapa orang tua hanya memiliki satu telepon dan sedang
bekerja sehingga terdapat siswa yang baru bisa mengerjakan tugas saat orang
tuanya sudah di rumah. Untuk memberikan kenyamanan bagi siswa dan orang tua
siswa, penulis memberikan kebijakan pengunduran batas pengumpulan tugas sampai
sore hari.
Memasuki pembelajaran
kedua, penulis juga melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan RPP. Kembali
memberikan beberapa pertanyaan sebagai apersepi lalu mengirimkan powerpoint
ke grup kelas. Penulis juga berusaha membuat semua siswa dapat ikut belajar,
ada beberapa siswa yang teleponnya tidak memiliki aplikasi yang kompetibel
untuk membantu membuka file powerpoint yang dikirimkan, maka penulis melakukan
screenshoot pada powerpoint tersebut lalu mengirimkannya ke grup kelas sehingga
siswa hanya perlu mengunduh foto yang dikirimkan tersebut. Setelahnya, penulis
memberikan beberapa pertanyaan terkait materi yang diberikan. Terakhir pembelajaran
ditutup dengan menyimpulkan pembelajaran hari ini, mengingatkan terkait protokol
kesehatan, mengingatkan untuk mengumpulkan tugas, dan terakhir memberikan
apersepsi terhadap semangat belajar siswa hari ini.
Evaluasi kegiatan yang dilakukan penulis
hari ini membuat penulis memutuskan untuk mengubah waktu pemberian tugas ke
grup guna menyesuaikan situasi. pemberian lembar kerja siswa akan diberikan
pada kegiatan penutup, setelah materi pembelajaran diberikan. Selanjutnya,
pengumpulan tugas dinberikan tenggat waktu sampai hari sabtu agar dikumpulkan
secara bersamaan. Hal ini bertujuan memberikan waktu yang lebih luang untuk
siswa menjawab tugas yang diberikan sehingga para orang tua tidak merasa
terbebani.