Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan Belajar: Hari Pertama

Kegiatan bimbingan belajar dilaksanakan tepat hari ini sampai tiga hari kedepan, yaitu sejak 21 Juli sampai 24 Juli. Kegiatan berlangsung melalui grup whatsapp yang dimiliki oleh kelas 5. Pembelajaran dimulai pada pukul 08.00. Pelajaran hari ini adalah Tema 1 sub tema 1 pembelajaran 3, mata pelajaran PPKn dan IPS.

Pertama – tama tentu penulis melakukan perkenalan diri dan menyapa siswa serta orang tua siswa yang tergabung dalam grup whatsapp tersebut. Selanjutnya penulis mengirimkan link absensi dan mengingatkan siswa untuk melakukan absensi sebelum pembelajaran dimulai. Siswa merespon dengan baik melalui telepon genggam yang mereka miliki sendiri atau melalui telepon orang tuanya. Penulis menanyakan persepsi berkaitan dengan materi sesuai RPP yang telah disusun. Siswa menjawab dengan antusias dan meskipun terdapat beberapa kesalahan saat menjawab, tetapi penulis berusaha untuk merespon usaha mereka untuk menjawab pertanyaan. Pembelajaran mengutamakan antusias dan keaktifan siswa. Selain itu memberikan apresiasi kepada siswa yang mau memberikan jawaban atau pendapatnya akan membuat siswa termotivasi untuk belajar dan mencoba.

Setelah beberapa pertanyaan yang diberikan, penulis memasuki kegiatan inti pembelajaran dengan mengirimkan komik pembelajaran ke grup. Setelah meminta siswa membaca dan menyimak komik pembelajaran tersebut, penulis memberikan lembar kerja kepada peserta didik untuk selanjutnya dikerjakan dan hasilnya dikirimkan melalui google classroom. Namun ditengah pembelajaran, beberapa siswa baru tergabung dalam grup setelah sebelumnya hanya orang tuanya yang berada dalam grup tersebut. Terdapat orang tua siswa juga yang memberikan masukan agar waktu pengerjaan lembar kerja diperpanjang. Selain itu guru kelas juga meminta penulis untuk memberikan waktu yang lebih sebab beberapa orang tua hanya memiliki satu telepon dan sedang bekerja sehingga terdapat siswa yang baru bisa mengerjakan tugas saat orang tuanya sudah di rumah. Untuk memberikan kenyamanan bagi siswa dan orang tua siswa, penulis memberikan kebijakan pengunduran batas pengumpulan tugas sampai sore hari.

Memasuki pembelajaran kedua, penulis juga melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan RPP. Kembali memberikan beberapa pertanyaan sebagai apersepi lalu mengirimkan powerpoint ke grup kelas. Penulis juga berusaha membuat semua siswa dapat ikut belajar, ada beberapa siswa yang teleponnya tidak memiliki aplikasi yang kompetibel untuk membantu membuka file powerpoint yang dikirimkan, maka penulis melakukan screenshoot pada powerpoint tersebut lalu mengirimkannya ke grup kelas sehingga siswa hanya perlu mengunduh foto yang dikirimkan tersebut. Setelahnya, penulis memberikan beberapa pertanyaan terkait materi yang diberikan. Terakhir pembelajaran ditutup dengan menyimpulkan pembelajaran hari ini, mengingatkan terkait protokol kesehatan, mengingatkan untuk mengumpulkan tugas, dan terakhir memberikan apersepsi terhadap semangat belajar siswa hari ini.

Evaluasi kegiatan yang dilakukan penulis hari ini membuat penulis memutuskan untuk mengubah waktu pemberian tugas ke grup guna menyesuaikan situasi. pemberian lembar kerja siswa akan diberikan pada kegiatan penutup, setelah materi pembelajaran diberikan. Selanjutnya, pengumpulan tugas dinberikan tenggat waktu sampai hari sabtu agar dikumpulkan secara bersamaan. Hal ini bertujuan memberikan waktu yang lebih luang untuk siswa menjawab tugas yang diberikan sehingga para orang tua tidak merasa terbebani. 

Tentang Penulis