Pelaksanaan Kegiatan KKNbD 2021 Pelatihan Dan Pendampingan Materi Mengenai Cara Mencuci Tangan Yang Baik Dan Benar

            Pada Minggu kedua pelaksanaan kegiatan KKNbD Undiksha 2021 ini. Saya selaku peserta didalam kegiatan ini menyusun sebuah materi yang memaparkan tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar. Pemilihan materi ini memiliki tujuan untuk memberikan masyarakat sasaran yang terdiri dari siswa pelatihan agar mengetahui dan memahami langkah-langkah serta persiapan apa saja yang mereka perlukan apabila ingin mencuci tangan secara baik dan benar. Mengingat dimasa pandemic ini, pemerintah menganjurkan bahwa mencuci tangan yang baik dan benar adalah sebuah tindakan yang dapat membantu mengurangi penyebaran virus covid-19 ini lebih luas.

            Kegiatan ini dilaksanakan hanya selama dua kali pertemuan yaitu  pada tanggal 12 Juli 2021- 13 Juli 2021. Dengan memanfaatkan media komunikasi yang telah disepakati sebelumnya yaitu WhatsApp Group. Namun karena kegiatan pembelajaran online atau daring telah mulai dilaksanakan pada tanggal tersebut, saya mengubah jadwal kegiatan yang sebelumnya dilaksanakan mulai jam 09.00 pagi hingga 13.00 siang menjadi jam 14.00 hingga jam 15.37. Perubahan jam diskusi ini dilakukan agar  saya selau peserta KKNbD mampu menyesuaikan kegiatan ini dengan jam belajar siswa. Agar kegiatan ini tidak menganggu jam belajar siswa yang melaksanakan proses pembelajaran daring.

            Untuk mempermudah masyarakat sasaran memahami materi yang akan saya paparkan, saya memutuskan untuk membuat sebuah video. Video ini bertujuan untuk memberikan masyarakat sasaran pemahaman tentang langkah-langkah apa saja yang harus mereka lakukan agar mereka mampu menerapakan cara mencuci tangan yang baik dan benar mengingat dimasa pandemi ini mencuci tangan merupakan salah satu tindakan yang sangat penting untuk dilakukan. Video yang saya buat berdurasi sekitar 2.43 menit, saya mengawali dengan memberikan arahan bahwa ada beberapa bahan yang harus mereka persiapakan apabila ingin mencuci tangan dan dilanjutkan dengan langkah-langah mencuci tangan yang baik dan benar. Saya mengajurkan mereka agar mencuci tangan selama 20 detik, dengan membersihkan tangan mereka secara menyeluruh tanpa melewatkan beberapa bagaian seperti selah-selah jari tangan, telapak tangan dan pergelangan tangan. Video ini lalu saya unggah ke dalam akun youtube saya lalu link dari video ini saya bagikan ke dalam WhatsApp Group.

            Karena proses pembelajaran telah dilaksanakan secara daring ada beberapa siswa yang memiliki kendala yaitu tidak dapat fast respon ketika diskusi dilaksanakan. Namun beberapa dari mereka selalu aktif bertanya dan mengikuti jalalnya diskusi dengan baik.  Beberapa dari siswa yang tidak dapat melakukan fast respon selalu saya pantau perkembanganya. Walaupun mereka memiliki kendala tidak dapat merespon group dengan cepat namun mereka selalu menyimak setiap video dan materi yang saya berikan.

            Pada tanggal 13 Juli 2021, saya mengulang kembali membahas materi yang telah saya berikan sebelumnya, yaitu materi tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar. Pada pertemuan ini, saya memberikan beberapa pertanyaan untuk memastian bahwa masyarakat sasaran benar-benar memahami materi yang telah saya berikan sebelumnya. Masyarakat sasaran yang terdiri dari siswa SMP dan SMA ini dapat menjawab setiap pertanyaan yang saja ajukan. Hal ini dikarenakan mereka benar-bear menyimak setiap materi yang saya berikan baik secara tertulis maupun  dari sebuah materi yang saya kemas kedalam bentuk sebuah video. Dengan berjalanya diskusi ini . Saya berharap didalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang lainya proses diskusi setiap materi terus berjalan sesuai dengan yang saya harapkan agar tujuan dari KKNbD yang saya laksanakan dapat saya penuhi dengan baik.Link video cara mencuci tangan yang baik dan benar

Tentang Penulis