Pelaksanaan Kegiatan KKNbD 2021 Pelatihan Dan Pendampingan Materi Mengenai Cara Pembuatan Strap atau Gantungan Pada Masker

Guna meningkatkan pemahaman masyarakat sasaran terkait dengan materi yang telah saya paparkan pada pertemuan minggu ke 2 yaitu materi tentang Apakah Masker Efektif Digunakan Dimasa Pandemi Covid-19” dan materi tentang “Keuntungan Menggunakan Strap atau Gantungan Pada Masker”. Saya memutuskan untuk menambah pemahan untuk meningkatkan kesiapan masyarakat sasaran untuk mengikuti proses pembelajaran secra tatap muka dan berinteraksi dengan banyak orang. Untuk menunjang penggunaan masker agar mampu berperan secara efektif saya memutuskan untuk memperkenalkan sebuah alat yang mampu memecahkan permasalahan yang tengah dihadapi oleh beberapa masyarakat sasaran yang telah tergabung kedalam group. Saya menyarankan mereka untuk mengenakan gantungan atau strap masker. Karena beberapa dari mereka mengatakan bahwa mereka kerap mengalami permasalahan seperti lupa mengenakan masker ketika ingin pergi keluar rumah dan merasa kesulitan apabila ingin minum atau makan karena mereka kebingungan untuk menentukan tempat yang digunakan untuk meletakan masker.

 Pada tanggal 17 Juli 2021, saya memutuskan untuk memberikan sebuah video yang menjelaskan tentang “Cara Pembuatan Strap atau Gantungan Pada Masker”. Video yang saya buat memanfaatkan media pembelajaran youtube dengan menggunakan akun youtube yang saya miliki.  Video “Cara Pembuatan Strap atau Gantungan Pada Masker” berdurasi sekitar 04:27 menit, dengan langkah awal menjelaskan tentang alat dan bahan yang diperlukan ketika ingin membuat sebuah strap atau gantungan masker lalu dilanjutkan dengan cara pembuatan strap masker serta penjelasan terakhir adalah cara penggunaan strap atau gantungan masker. Ketika video ini telah selesai diunggah pada akun youtube saya, lalu saya menyalin link video ini dan saya kirim ke Group WhatsApp. Dengan memberikan masyarakat sasaran kesempatan untuk mempelajari dan memahami cara tentang pembuatan gantungan masker, saya berharap bahwa mereka juga dapat menyalurkan kreatifitas mereka ketika sedang membuat gantungan masker ini. Dengan membuat gantungan masker ini mereka tidak hanya menyalurkan kreatifitas mereka, namun juga menghilangkan rasa bosan selama proses pembelajaran kembali dilaksanakan secara online sehingga jika proses pembelajaran dilaksanakan kembali secara tatap muka, maka para siswa ini sudah memiliki persiapan untuk berinteraksi dengan orang lain. Sehingga mereka merasa nyaman apabila harus mengikuti proses pembelajaran secara tatap muka disekolah.


Link video cara membuat strap atau gantungan pada masker


Tentang Penulis