Pelaksanaan Kegiatan KKNbD 2021 Pelatihan Dan Pendampingan Materi Mengenai Keuntungan Menggunakan Hand Sanitizer di Masa Pandemi Covid-19”

               Pelaksanaan KKNbD kini telah memasuki minggu ke tiga pelaksanaanya. Namun pelaksanaan kegiatan masih pada tahapan pelatihan dan pendampingan. Berbeda dengan pemaparan materi pada pertemuan dari tanggal 14 Juli 2021 hingga 17 Juli 2021. Pertemuan pada minggu ke  ini membahas tentang “Keuntungan Mengggunakan Hand Sanitizer di Masa Pandemi Covid-19 ini”. Karena berdasarkan hasil obsevasi awal yang telah saya lakukan, saya mengamati beberapa siswa tidak mampu mempersiapakan diri mereka dengan baik ketika akan mengikuti proses pembelajaran secara tatap muka ata luring. Mereka memiliki keterbatasan pemahan tentang penerapan protocol kesehatan yang semestinya harus mereka mulai dari dalam diri mereka sendiri dengan melakukan beberapa persiapan secara individu. Salah satunya adalah dengan memiliki hand sanitizer didalam tas mereka masing-masing guna mengantisipasi apabila mereka tidak menemukan tempat untuk mencuci tangan apabila mereka ingin menyentuh wajah atau barang yang kebersihanya belum terjamin sebelumnya. Karena seperti yang kita ketahui dimasa pandemic ini perkembangan virus covid-19 tidak henti-hentinya masih menginfeksi banyak orang di Indonesia. Oleh karena itu, para siswa yang akan melakukan interaksi sosial dengan orang banyak disarankan untuk memiliki hand sanitizer didalam tas mereka masing-masing.

            Oleh karena itu saya melakukan beberapa pelatihan untuk memberikan siswa pemahaman terkait dengan materi “Keuntungan Mengggunakan Hand Sanitizer di Masa Pandemi Covid-19 ini”. Kegiatan ini dimulai dari tanggal 19 Juli 2021 hingga tanggal 25 Juli 2021. Pada pertemuan pertma yaitu pada tanggal 19 Juli saya memberikan masyarakat sasaran kesempatan untuk berbagi pengalaman mereka seputaran tentang kepemilikan dan penggunaan hand sanitizer yang mereka persiapakan selama wabah virus covid-19 mulai menginfeksi banyak orang di Indonesia. Pada kesempatan diskusi ini masyarakat sasaran memaparkan bahwa ada beberapa diantara mereka menyediakan hand sanitizer di rumah mereka masing-masing dan ada beberapa di antara mereka yang tidak menyediakan hand sanitizer sama sekali. Tidak hanya itu saja, sebagaian dari masyarakat sasaran juga tidak membawa hand sanitizer apabila ingin pergi keluar rumah.

            Pada pertemuan kedua yaitu pada tanggal 21 Juli 2021, saya memberikan mereka materi mengenai “Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Hand Sanitizer Ketika Ingin Berpergian Dimasa Pandemi ini”. Saya memberikan mereka sebuah video yang saya buat menggunakan aplikasi powtoon dan link dari video ini lalau saya bagian ke WhatApps Group. Terlihat dengan jelas antusias masyarakat sasaran sangat baik sehingga mereka selalu dengan aktif bertanya terkait dengan materi yang belum dapat mereka pahami dengan baik. Diakhir pertemuan saya selalu berupaya memberikan kesimpulan dari hasil diskusi kita pada pertemuanyang telah dilaksanakan. Agar masyarakat sasaran mampu memahami dengan baik materi yang saya sampaikan agar tujuan pertemuan pada hari itu dapat terpenuhi dengan baik.

            Pada pertemuan ketiga yaitu pada tanggal 23, saya mulai mengajak masyarakat mencari beberapa kemungkinan yang dapat memecahkan permasalahan mereka yang telah saya paparkan pada pertemuan tanggal 19 Juli 2021. Beberapa masyarakat sasaran menyampaikan bahwa mereka tidak memiliki hand sanitizer dirumah karena harga dari hand sanitizer mahal. Sehingga hal ini menjadi salah satu factor yang membuat masyarakat sasaran tidak mampu mempersiapkan diri mereka dengan baik apabila dituntut untuk menerapakan protocol kesehatan. Oleh karena itu, pada pertemuan selanjutnya saya lalu memberikan mereka penjelasan tentang pembuatan hand sanitizer dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada disekitaran mereka.

            Pelatihan pembuatan hand sanitizer menggunakan bahan-bahan alami saya laksanakan pada tanggal 25 Juli 2021. Saya membuat sebuah video tutorial mengenai bahan dan langkah-langah apa saja yang perlu mereka persiapkan apabila ingin membuat hand sanitizer menggunakan bahan-bahan alami. Video ini berdurasi sekitar 06.27 menit, dengan langkah pertama menjelaskan tentang alat dan bahan lalu dilanjutkan dengan langkah-langkah pembuatan hand sanitizer ini. Saya mengunggah video ini melalui akun youtube yang saya miliki lalu link dari video tutorial pembuatan hand sanitizer saya bagikan ke Group WhatsApp yang kita gunakan sebagai media untuk berdiskusi. Tidak hanya itu saja, pada pertemuan hari itu saya juga membahas tentang rencana saya untuk melakukan pertemuan melalui media komunikasi Zoom. Pertemuan melalui media Zoom, saya lakukan agar memberikan masyarakat kesempatan untuk lebih leluasa berdiskusi terkait dengan materi yang belum mereka pahami dengan baik.


Link video keuntungan menggunakan hand sanitizer dimasa pandemi covid-19

 

 Link video cara pembuatan hand sanitizer menggunakan bahan-bahan alami



Tentang Penulis