Pelaksanaan Kegiatan KKNbD 2021 Pelatihan Dan Pendampingan Materi Mengenai Pentingnya Penggunaan Masker di Masa Pandemi Covid-19

Kegiatan KKNbD kini telah memasuki minggu ke 2, didalam pelaksanaan kegiatan minggu ke dua ini, saya masih pada tahap pelatihan dan pendampingan. Namun materi pada kegiatan ini berbeda dengan materi pada kegiatan minggu lalu. Materi pada pertemuan minggu kedua membahas tentang “Pentingnya Penggunaan Masker di Masa Pandemi Covid-19”. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan, mulai dari tanggal 14 Juli 2021 hingga tanggal 16 Juli 2021. Selama kegiatan ini berlangsung saya fokus memberikan pengarahan materi guna memberikan masyarakat sasaran pengetahuan umum mengenai pentingnya penggunaan masker dimasa pandemic ini. Tidak hanya itu saja, saya juga memberikan materi mengenai “Keuntungan Menggunakan Strap atau Gantungan Pada Masker”. Agar mereka memiliki beberapa kemudahan ketika ingin menggunakan masker apabila akan berpergian atau ingin melakukan interaksi sosial. Namun karena ada beberapa siswa yang mengikuti proses pembelajarn dari jam 07.00 pagi hingga 13.00 dan ada beberapa siswa yang mengikuti proses pembelajaran dari jam 13.00 hingga 7.30. Menyebabkan saya yang awalnya menjadwalkan kegiatan KKNbD ini dilaksanakan dari pukul 14.00 hingga jam 15.37 memutuskan untuk mengubahnya menjadi pukul 18.30 hingga 20.30 malam. Perubahan jam berlangsungnya kegiatan akan saya lakukan hingga kegiatan KKNbD ini berakhir. Hal ini dilakukan agar saya mampu menyesuaikan dengan jam belajar siswa sehingga diskusi selama proses pelatihan dan pendampingan berlangsung dengan baik.

Pada hari pertama kegiatan ini yaitu pada tanggal 14 Juli 2021, saya memberikan masyarakat sasaran kesempatan untuk berbagi pengalaman mereka seputaran penggunaan masker dimasa pandemic covid-19 ini. Pada kesempatan diskusi ini, beberapa masyarakat sasaran memaparkan bahwa mereka telah berupaya meneraptkan protocol kesehatan dengan menggunakan masker apabila ingin berpergian ke sekolah, ke tempat umum atau apabila ingin bertemu dengan seseorang. Namun mereka memiliki beberapa kendala selama mereka berupaya mengenakan masker dimasa pandemic ini. Beberapa kendala tersebut antara lain, tanpa mereka sadari mereka sering menyentuh masker menggunakan tangan yang belum dicuci sebelumnya, yang kedua mereka terkadang lupa mengenakan masker sehingga masker mereka tertinggal disuatu tempat.

Pada Pertemuan ke 2 yaitu pada tanggal 15 Juli 2021, saya memberikan masyarakat sebah video yang menjelaskan tentang “Apakah Masker Efektif Digunakan Dimasa Pandemi Covid-19”. Tujuan saya memberikan video ini agar masyarakat senantiasa mengingat dan memahami lebih dalam bahwa dimasa pandemic ini penggunaan masker adalah salah satu hal yang diwajibkan. Karena masker memiliki peranan untuk menghambat virus covid-19 yang terdiri dari partikel-partikel yang sangat kecil menginfeksi tubuh kita melalui saluran pernafasan. Saya memaparkan materi ini melalui sebuah video yang saya buat menggunakan aplikasi powtoon lalu saya akan membagikan link dari video tersebut ke WhatsApp Group sehingga masyarakat sasaran dengan mudah mengamati materi yang sedang disampaikan. Setelah menyimak video yang diberikan selama kurang lebih 1 jam, saya memberikan mereka kesempatan untuk berdiskusi terkait dengan materi yang belum mereka pahami dengan baik.

Pada pertemuan ke 3 yaitu pada tanggal 16 Juli 2021, setelah mengajak masyarakat diskusi terkait dengan materi yang dibahas pada pertemuan sebelumnya. Saya berinisyatif memberikan mereka  beberapa solusi terkait dengan beberapa permasalahan yang tengah mereka hadapi. Solusi yang saya berikat adalah dengan memberikan mereka materi “Keuntungan Menggunakan Strap atau Gantungan Pada Masker”. Strap atau gantungan masker ini diharapkan mampu memercahkan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat sasaran pada kegiatan pelaksanaan KKNbD ini. Sama seperti pertemuan sebelumnya, pemaparan materi pada pertemuan ini, saya menggunakan media powtoon dengan membuat animasi sederhana lalu link dari video ini lalu saya bagikan kedalam group. Sehingga masyarakat sasaran yang terdiri dari siswa dapat memahami materi yang ingi saya sampaikan sehingga mereka dapat berdiskusi setelahnya.


Link video keuntungan menggunakan stap atau gantungan pada masker


 Link video pentingnya penggunaan masker di masa pandemi covid-19 



Tentang Penulis