Pelaksanaan Kegiatan KKNbD 2021 Pengunggahan Hasil Pembuatan Hand Sanitizer Menggunakan Bahan-Bahan Alami, Pembuatan Gantungan atau Strap Masker dan Video Cara Mencuci Tangan yang Bak dan Benar.

Untuk benar-benar memastikan bahwa kegiatan KKNbD Undiksha 2021 berjalan sesuai dengan apa yang telah saya rancang sebelumnya. Dan untuk memastikan apakah masyarakat sasaran yang terdiri dari 8 orang siswa benar-benar memahami pemaparan materi dan pelatihan yang telah saya berikan. Saya memberikan kesempatan kepada masyarakat sasaran untuk mencoba secara  langsung untuk membuat hand sanitizer menggunakan bahan-bahan alami, pembuatan strap atau gantungan masker serta menerapkan cara mencuci tangan yang baik dan benar. Kegiatan ini masuk kedalam tahapan pengunggahan hasil, dimana tahapan ini saya laksanakan selama 4 hari, mulai dari tanggal 26 Juli 2021 hingga tanggal 29 Juli 2021. Tidak hanya itu saja, pada tahap ini juga memberikan saya kesempatan untuk mengoreksi dan membenahi apabila ada kekeliruan yang tidak disengaja apabila masyarakat sasaran ingin mencoba membuat hand sanitizer menggunakan bahan-bahan alami, pembuatan strap atau gantungan masker serta cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Sebelum mengarahkan masyarakat sasaran untuk mengugah hasil percobaan yang telah mereka lakukan. Pada tanggal 26 Juli 2021 saya mengadakan sebuah pertemuan virtual melalui zoom. Didalam pertemuan ini, saya memberikan masyarakat sasaran kesempatan untuk berdiskusi terkait dengan materi atau beberapa hal-hal yang belum mereka pahami. Mengingat ini adalah kali pertama saya mengadakan sebuah pertemuan virtual  selama proses kegiatan KKNbD ini berlangsung. Tidak hanya itu saja, didalam pertemuan ini saya lalu menginstruksikan mereka untuk mengugah hasil pembuatan hand sanitizer menggunakan bahan-bahan alami, pembuatan strap atau gantungan masker serta menerapkan cara mencuci tangan yang baik dan benar. Untuk mempermudah mereka berkreasi sekreatif mungkin dalam kegiatan ini, saya tidak membatasi mereka untuk mengugah hasil kegiatan kedalam bentuk foto maupun dalam bentuk video. Hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat sasaran yang terdiri dari siswa agar tidak menganggu waktu belajar mereka.

Pada tanggal 27 hingga 28 Juli 2021, saya mengawasi tahapan kegiatan pengunggahan hasil melalui WhatsApp Group yang saya gunakan sebagai media diskusi selama kegiatan KKNbD ini berlangsung. Dimana jika ada salah satu dari masyarakat sasaran memiliki kendala ketika proses pengunggahan hasil, mereka dapat menghubungi saya baik secara langsung maupun melalui Group. Tidak hanya itu saja, saya juga selalu mengawasi mereka apakah mereka mengikuti tahapan pengunggahan hasil dengan baik atau tidak. Agar saya dapat memastikan bahwa kegiatan KKNbD ini memberikan manfaat yang positif bagi mereka untuk kedepanya.

Pada hari terakhir pengunggahan hasil, yaitu pada tanggal 29 Juli 2021. Saya mengingatkan kembali kepada beberapa masyarakat sasaran yang belum mengunggah hasil pembuatan hand sanitizer menggunakan bahan-bahan alami, pembuatan strap atau gantungan masker serta menerapkan cara mencuci tangan yang baik dan benar ke dalam WhatsApp Group agar segera mengunggah hasil kegiatan mereka mengingat tanggal 29 Juli 2021 adalah hari terakhir dari tahapan pengunggahan hasil. Secara keseluruhan partisipasi serta antusias masyarakat sasaran didalam kegiatan ini begitu baik sesuai dengan apa yang saya harapkan. Walaupun ada beberapa masyarakat sasaran yang memiliki keterbatasan waktu untuk mengemas kegiatan ini dalam bentuk video namun mereka tetepa berkontribusi dengan baik selama kegiatan pada tahapan pengungggahan hasil ini berlangsung. 


Link video pembuatan hand sanitizer menggunakan bahan-bahan alami oleh masyarakat sasaran

Link video cara membuat gantungan atau strap masker oleh masyarakat sasaran

Link video mencuci tangan oleh masyarakat sasaran

Link video pertemuan yang dilaksanakan secara virtual melalui zoom








Tentang Penulis