Pelaksanaan Kegiatan KKNbD 2021 Tahapan Evaluasi Kegiatan

Tidak hanya tahapan penguggahan hasil saja yang menjadi tolak ukur apakah kegiatan KKNbD Undiksha 2021 ini sudah berjalan dengan baik atau tidak. Namun pengisian kuisioner juga membantu saya selaku peserta KKNbD Undiksha 2021 mengetahui dengan pasti apakah semua kegiatan yang telah saya laksanakan mulai dari tanggal 05 Juli 2021 hingga 31 Juli 2021  berjalan sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya atau tidak. Pada awalnya pengisian kuisioner ini saya jadwalkan dimulai dari tanggal 30 Juli 2021 hingga 5 Agustus 2021, namun karena ada kesalahan serta kendala teknis kegiatan pengisian kuisioner ini hanya dilaksanakan selama dua kali pertemuan yaitu tanggal 30 Juli 2021 hingga 31 Juli 2021. Media yang saya gunakan didalam tahapan evaluasi ini adalah Google Form. Penerapan media Google Form ditahapan evaluasi ini karena dirasa efektif dan efesien untuk diterapakan dikalangan para pelajar yang ditetapkan sebagai masyarakat sasaran didalam kegiatan KKNbD ini.

            Pada hari pertama tahapan evaluasi ini yaitu pada tanggal 30 Juli 2021. Saya mulai mepersiapkan link Google Form yang akan saya bagikan melalui WhatsApps Group. Dimana didalam link ini terdpat 5 pertanyaan yang wajib untuk di jawab oleh delapan orang masyarakat sasaran yang terdiri dari siswa ini. 1 diantar 4 pertanyaan adalah essay sedangkan 4 pertanyaan lainya adalah pilihan ganda. 5 pertanyaan ini diharapakan mampu membantu saya selaku peserta KKNbD ini untuk mengetahui perkembangan kegiatan yang telah saya laksanakan sebelumnya. Dan menjadikan kegiatan evaluasi ini sebagai kesempatan untuk saya untuk membenahi beberapa kesalahan dan kekeliruan yang tanpa sengaja pernah saya lakukan selama kegiatan KKNbD ini berlangsung.

            Kegiatan evaluasi berlangsung selama 2 kali pertemuan, pada tanggal 31 Juli 2021 adalah hari terakhir pengisian kuisioner. Saya kembali mengingatkan kepada masyarakat sasaran yang belum mengisi kuisioner yang telah saya bagikan sebelumnya. Tidak hanya itu saja, karena ini adalah pertemuan terakhir di dalam kegiatan KKNbD ini saya juga tidak lupa untuk menyampaikan rasa terimakasih saya kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi didalam kegiatan KKNbD Undiksha 20201 ini. Tidak lupa saya juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat sasaran apabila ada sekiranya kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja yang saya lakukan selama proses diskusi dan pemaparan materi berlangsung. Sebagai ungkapan rasa terimakasih saya, saya menghadiri beberapa kediaman masyarakat sasaran untuk memberikan mereka cindramata berupa gantungan hand sanitizer yang dapat mereka gantung di tas sekolah mereka masing-masing.

            Selaku peserta didalam kegiatan KKNbD ini besar harapan saya agar masyarakat sasaran benar-benar memahami cara  mencuci tangan yang baik dan benar, cara membuat strap atau gantungan pada masker serta cara pembuatan hand sanitizer menggunakan bahan-bahan alami. Pemahaman mereka akan memberikan manfaat yang positif selama pandemic covid-19 ini masih menginfeksi banyak orang di Indonesia. Tidak hanya itu saja, jika mereka telah mampu mempersipakan diri mereka dengan baik maka mereka tidak akan memiliki kecemasan dan ketakutan apabila harus berinteraksi sosial dengan orang lain ketika proses pembelajaran telah dilaksanakan secara tatap muka di sekolah.


Link Evaluasi kegiatan


Tentang Penulis