Pelaksanaan Pembelajaran Daring Minggu Pertama dengan mata pelajaran IPA materi Sistem Pernapasan Manusia

Bimbingan pembelajaran daring yang dilakukan melalui Whatsapp grup yang dibuat pada tanggal 15 juni 2021 sesuai dengan persetujuan masyarakat sasaran. Masyarakat sasaran yaitu siswa kelas 8 SMP N 1 Bebandem yang berlokasi di desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem. Masyarakat sasaran terdiri dari 6 orang yaitu: Ni Luh Sri Saraswati, Ni Komang Sulastri, Ni Wayan Yoni, Di Kadek Wardani, Ni Ketut Puspita Dewi, dan Ni Luh Madina Vera. Bimbingan Pembelajaran Daring ini dilaksanakan selama 5 minggu dengan alokasi waktu 6 jam dalam seminggu. Tentunya jam pembelajaran daring ini akan menyesuaikan dengan jam pembelajaran siswa di sekolah.


    Pada Senin, 5 Juli 2021 dilaksanakan pemberitahuan kepada masyarakat sasaran terkait informasi pelaksanaan kegiatan bimbingan belajar daring yang akan dilaksanakan pada hari pertama yaitu hari Selasa, 6 Juli 2021 dari pukul 09.00 sampai pukul 12.00 Wita. Dan pada hari Rabu 7 Juli 2021 pembimbing mengingatkan kepada masyarakat sasaran untuk melaksanakan bmbingan pembelajaran hari kedua pada hari Kamis, 7 Juli 2021. Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam bimbingan pembelajaran daring pada hari ini Selasa, 6 Juli 2021 dan Kamis, 8 Juli 2021 yaitu: 


Pemberian materi Sistem Pernapasan Manusia berupa media PPT dan video pembelajaran interaktif yang diambil dari youtube.

Pemaparan materi oleh pembimbing untu menyampaikan poin yang telah dipelajari.

Melaksanakan diskusi terkait dengan bagian yang kurang dipahami. 

Memberikan kuis diakhir diskusi dengan media Quiziz. 

Menutup kegiatan pembelajaran daring.

Siswa mengaku pada pertemuan pertama ini sudah bisa memahami materi dengan baik. Kemudian kegiatan bimbingan pembelajaran akan dilaksanakan kembali pada hari Kamis, 8 Juli 2021 dengan lanjutan materi Sistem Pernapasan pada Manusia.

Bahan Ajar yang digunakan pada minggu pertama dapat diakses pada: https://drive.google.com/drive/folders/17xXdv0yxkSxim7EyDjOf8qyLwYrhY8yF?usp=sharing

Video pembelajaran hari pertama dapat diakses pada: https://www.youtube.com/watch?v=lL8DT5HmlzE 

Video pembelajaran hari kedua dapat diakses pada: https://www.youtube.com/watch?v=Y3DuNMBZTAA