Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Online dengan Materi Perkalian, Pembagian Bilangan Bulat dan Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat

Seperti yang telah disepakati, kegiatan pembelajaran dilaksanakan 3 kali dalam seminggu, yaitu hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Namun pada hari Kamis lalu kegiatan pembelajaran tidak dapat dilaksanakan karena masyarakat sasaran melaksanakan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) selama 2 hari yaitu hari Kamis dan Jumat, sehingga masyarakat sasaran diberikan waktu untuk fokus melaksanakan MPLS, dan kegiatan pembelajaran dipindahkan menjadi hari Minggu.

Hari Minggu, 19 Juli 2020 merupakan hari pengganti dari kegiatan pembelajaran matematika online yang seharusnya dilaksanakan hari Kamis, 16 Juli 2020. Kegiatan pembelajaran dilanjutkan melalui Google Classroom, materi yang dibahas yaitu perkalian, pembagian bilangan bulat dan operasi hitung campuran bilangan bulat , dimana sebelumnya penulis telah mengirimkan video pembelajaran melalui Google Classroom, yang mana video berisikan materi pembelajaran berupa powerpoint yang berisikan audio penjelasan dari penulis. Sehingga masyarakat sasaran dapat mengunduh dan mempelajari materi terlebih dahulu sebelum nantinya melakukan diskusi. Selain itu penulis juga mengirimkan pembahasan soal kuis hari sebelumnya, sehingga masyarakat sasaran dapat mengetahui letak kesalahan dan dapat mempelajarinya kembali.

Pelaksanaan dimulai pukul 15.10 dengan alokasi waktu 2x45 menit. Untuk dapat mengetahui apakah masyarakat sasaran sudah memahami materi melalui isi video atau belum, selama 30 menit pertama penulis memberikan beberapa pertanyaan kepada masyarakat sasaran di kolom komentar pada Google Classroom dan langsung ditanggapi oleh masyarakat sasaran, selanjutnya selama 40 menit masyarakat sasaran ditugaskan untuk menjawab beberapa soal di buku latihan dan hasilnya difoto lalu di kirimkan di google classroom, namun dari waktu yang diberikan masyarakat sasaran tidak dapat menyelesaikan sesuai dengan waktu yang ditetapkan sehingga waktu pembelajaran melebihi waktu yang telah di alokasikan, bahkan beberapa masyarakat sasaran mengalami kendala jaringan. Namun kegiatan tetap berlanjut dengan pelaksanaan kuis melalui Quizizz, bahkan masyarakat sasaran tetap meminta kuis dilakukan sebanyak 2 kali. Dari enam orang masyarakat sasaran, satu orang masyarakat sasaran tidak dapat mengikuti pembelajaran secara full dikarenakan yang bersangkutan harus mengikuti kegiatan sekolah secara virtual meeting. Sehingga yang bersangkutan terlambat untuk bergabung dalam pembelajaran.

Secara keseluruhan kegiatan dapat berjalan dengan baik, dan dari hasil tugas dan kuis bahwa beberapa masyarakat sasaran masih terkendala dan mengalami kesulitan dalam operasi hitung beberapa disebabkan karena kurang teliti. Namun sedikit kendala yang dialami tidak membuat masyarakat sasaran bahkan penulis untuk mengurangi semangat dan antuasiame dalam pembelajaran.

 

Berikut merupakan link dari video pembelajaran :

https://drive.google.com/file/d/1eYrLI5Sqx6o_HURKV9ZLOlVZPSaOMGua/view?usp=drivesdk

Tentang Penulis