Pelaksanaan Pengajaran dan Pembekalan Bahasa Inggris dasar dengan materi Expressing Feelings, Direction & Location, dan Health & Hospital kepada siswa kelas 6 SD Negeri 3 Kelurahan Kaliuntu melalui Zoom ataupun Google Meet

      Pelaksanaan pengajaran dan pembekalan Bahasa Inggris dasar via online pada pertemuan berikutnya membahas tentang Expressing Feelings, Direction & Location, dan Health & Hospital melalui google meet ataupun zoom yang dilaksanakan pada 14 Juli 2021, 21 Juli 2021, dan 26 Juli 2021. Sistem pelaksanaan pengajaran dan pembekalan Bahasa Inggris dasar pada ketiga materi ini sama dengan sistem pelaksanaan dan pengajaran Bahasa Inggris dasar sebelumnya yang membahas materi ‘Greetings and responses’. Pada pelaksanaan pengajaran dan pembekalan Bahasa Inggris dasar yang telah dijadwalkan tersebut, penulis memberikan pengajaran dan pembekalan materi kepada siswa sasaran melalui Google meet ataupun zoom selama 40-60 menit dan siswa semakin aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran karena penulis juga memberikan video pembelajaran dari media YouTube yang ditonton bersama antara penulis dengan siswa lainnya. Pemberian materi pengajaran dan pembekalan dibuat dalam bentuk PowerPoint yang dipresentasikan langsung oleh penulis kepada kelima siswa sasaran dan saat kegiatan pengajaran dan pembekalan Bahasa Inggris dasar ini berlangsung, siswa dituntut aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh penulis dengan cara siswa sasaran menyebutkan kembali kalimat Bahasa Inggris yang diucapkan oleh penulis, melakukan conversation mengenai materi yang diajarkan dengan temannya, mendiskusikan bersama di room meet terkait pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh penulis kepada siswa sasaran, dan menjawab soal isian singkat yang ada di PowerPoint secara bersama-sama, serta menonton video pembelajaran dari YouTube.

      Selain itu, setiap pertemuan yang telah selesai dilaksanakan antara penulis dan juga kelima siswa sasaran, penulis akan memberikan soal kuis yang berjumlah sepuluh hingga lima belas soal namun tugasnya tidak dikumpulkan hari itu melainkan sehari setelah pelaksanaan pengajaran dan pembekalan selesai. Tugas kuis ini diberikan untuk membantu siswa mengingat materi yang telah dijelaskan dan diajarkan oleh penulis dan bukan menjadi tolak ukur penilaian penulis terkait kemampuan kelima siswa sasaran. Tugas kuis yang dikerjakan oleh siswa sasaran tetap diberikan skor nilai oleh penulis. Hal ini dilakukan agar siswa sasaran lebih termotivasi untuk mengerjakan setiap tugas kuis yang diberikan, dan merasa dihargai pekerjaannya dengan memperoleh skor dalam bentuk nilai. Penulis juga memberikan jawaban dan pembahasan mengenai jawaban kuis di grup WhatsApp agar siswa mengetahui kesalahan mereka dalam memilih jawaban yang paling tepat.

Link Video Pelaksanaan Presentasi Pengajaran dan Pembekalan Bahasa Inggris Dasar:

https://drive.google.com/file/d/1pAnYJE6nFB8UGxN0_Q2Do8D2Irw0mDOw/view?usp=sharing

Tentang Penulis