Pelaksanaan Program Kerja Hari 1 sampai 3

Hari pertama pelaksanaan program kerja ini adalah pada hari Sabtu, 10 Juli 2021. Untuk mengawali kegiatan KKNT ini, saya membuat WA Group bagi lima orang yang menjadi masyarakat sasaran dalam program kerja saya. Adapun tujuan dari WA Group ini adalah sebagai media dalam pelaksanaan program kerja, yaitu "Pengembangan Kreativitas pada Online-Shop yang Terdampak Pandemi Covid-19 di Desa Sari Mekar". Melalui WA Group ini saya akan memberikan materi, diskusi, kegiatan praktek, serta informasi lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan program kerja.

Untuk dokumentasi masyarakat sasaran dapat dilihat melalui link berikut ini.

https://drive.google.com/file/d/12VgnM_PVuXO5rEoMy4pxJOMqxR79nLgG/view?usp=sharing

Pada hari pertama ini saya menyapa masyarakat sasaran yang sudah mau bergabung dan membantu pelaksanaan KKNBD ini. Selain itu, juga saya mengenalkan atau menjelaskan sedikit tentang pelaksanaan program kerja nantinya, yang dilaksanakan dengan 12 kali pertemuan. Dengan rincian sebagai berikut.

H1        : Pembuatan Grup WA dan perkenalan awal program kerja

H2        : Materi 1 “Pentingnya Kreativitas dan Inovasi dalam Berbisnis”

H3        : Diskusi materi 1

H4        : Materi 2 “Social Media Marketing”

H5        : Diskusi materi 2

H6        : Materi 3 “Marketplace”

H7        : Materi 4 “Webinar – Astra x Hebat: Ciptakan Kreativitas dalam Berbisnis”

H8        : Materi 5 “Kreativitas dan Strategi dalam Bisnis di Masa Pandemi Covid-19”

H9        : Materi 6 dan Praktek “Promosi”

H10      : Evaluasi pelaksanaan program kerja (Google Form)

H11      : Penutupan kegiatan

H12      : Pembagian kumpulan materi

Selanjutnya pelaksanaan hari kedua dilaksanakan pada hari Senin, 12 Juli 2021. Pada pelaksanaan hari kedua ini, saya memberikan materi pertama sebagai pelaksanaan awal program kerja. Adapun materi tersebut berjudul "Pentingnya Kreativitas dan Inovasi dalam Berbisnis". Materi ini dibagikan dengan berupa file pdf pada WA Group yang ada. Tujuan dari pemberian materi ini adalah agar masyarakat sasaran dapat mengetahui bagaimana pentingnya kreativitas dalam bisnis, terutama dalam situasi pandemi ini, dimana setiap pengusaha dituntut untuk dapat memberikan kretivitas dan inovasi pada bisnisnya agar dapat tetap berjalan. 

Adapun materi yang digunakan dapat diakses pada link berikut ini.

https://drive.google.com/file/d/1wPVq5XFFO46RsnYMVoysPqJ8Uotdy5eH/view?usp=sharing 

Setelah pembagian materi tersebut, kemudian diadakan diskusi terkait materi yang sudah dibagikan pada pertemuan selanjutnya, yaitu pada hari Rabu, 14 Juli 2021. Dalam diskusi tersebut diberikan kesempatan pada masyarakat sasaran untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar materi "Pentingnya Kreativitas dan Inovasi dalam Berbisnis". Dari 5 orang masyarakat sasaran, ada 4 orang yang memberikan pertanyaan, sehingga jumlah pertanyaan yang ada adalah sebanyak 4. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dikumpul semua terlebih dahulu kemudian jeda beberapa waktu untuk mempersiapkan jawaban, lalu setelah jawaban rangkum maka pertanyaan yang ada dijawab satu persatu.

            Demikian uraian kegiatan pelaksanaan program kerja pada hari pertama hingga hari ketiga. Sekian dan Terima Kasih.


Tentang Penulis