Pelaksanaan Program Kerja Hari Ke-10 sampai 12

Hari kesepuluh pelaksanaan program kerja dilaksanakan pada Sabtu, 31 Juli 2021. Kegiatan yang dilakukan ada evaluasi terhadap pelaksanaan program kerja secara keseluruhan. Media yang digunakan untuk melakukan evaluasi ini adalah Googe Form, yaitu kuisioner online yang dibagikan dan diisi oleh masyarakat sasaran. Hasil dari evaluasi pelaksanaan program kerja adalah sesuai target yang diinginkan, yang artinya pelaksanaan program kerja berjalan dengan baik dan dapat membantu permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat sasaran. Berikut ini adalah rincian dari hasil evaluasi oleh masing-masing masyarakat sasaran yang menunjukkan keberhasilan program kerja.

1.      Masyarakat sasaran pertama bernama Andiena adalah pemilik online shop dengan akun @minibunny.u. Melalui program kerja ini dapat membantu permasalahan yang dihadapinya dalam berbisnis dapat teratasi, tahu apa yang harus dilakukan. Selain itu ia juga mengatakan bahwa pelaksanaan program kerja ini sangat berkesan karena bisa menambah ilmu strategi jual bagi bisnisnya.

2.  Masyarakat sasaran kedua bernama Sri Wahyuni adalah pemilik online shop dengan akun @sport.apparel_. Melalui program kerja ini dapat membantunya dalam menambah wawasan dan mengetahui apa yang belum diketahui dalam berbisnis, seperti strategi yang baik dan benar dalan berjualan online shop. Selain itu ia juga mengatakan bahwa materi yg diberikan dalam pelaksanaan program kerja sudah sangat baik dan sangat membantunya dalam berjualan online.

3.  Masyarakat sasaran ketiga bernama Eka Darmayanti adalah pemilik online shop dengan akun @tauruss.co. Melalui program kerja ini dapat membantu untuk mengetahui banyak hal dari materi-materi yang diberikan mengenai kreativitas dalam bisnis dan juga bisa menambah wawasan dengan menanyakan hal-hal dalam bisnis yang kurang dimengerti. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa pelaksanaan program kerja ini sudah sangat baik dan juga setiap penjelasannya sangat bisa dipahami dan memberikan pengertian juga kepada masyarakat sasarannya yang memiliki kesibukan masing-masing.

4. Masyarakat sasaran keempat bernama Kasih Sari Mertha adalah pemilik online shop dengan akun @candyfashion.id30. Melalui program kerja ini dapat membantunya untuk memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan dan menambah pengetahuan dalam hal bisnis online, serta mempelajari bagaimana mempromosikan produk dengan baik. Selain itu ia juga sangat termotivasi untuk terus menggali wawasan dan mengembangkan kreativitas bagi online shop milik nya.

5.  Masyarakat sasaran kelima bernama Simpening Sari adalah pemilik online shop dengan akun @lsb_shop. Melalui program kerja ini dapat membantu untuk menjadi lebih paham dalam berjualan pada online shop, tahu cara dan strategi yang baik dalam berjualan pada online shop. Selain itu ia juga mengatakan bahwa pelaksanaan program kerja ini sangat membantunya untuk menambah pengetahuan tentang bisnis online shop.

Adapun link untuk Google Form yang digunakan adalah sebagai berikut.

https://forms.gle/if6GgSHZnbwZPNci8


Selanjutnya pada hari kesebelas, yaitu Minggu 01 Agustus 2021 dilaksanakan penutupan pelaksanaan program kerja kepada masyarakat sasaran. Memberikan ucapan terimakasih kepada masyarakat atas partisipasi dan kerja samanya dalam proses pelaksanaan program kerja ini dari awal hingga akhir yang dapat berjalan dengan baik.

Terakhir, pada hari Senin, 02 Agustus 2021 sebagai tanda terimakasih dan kenangan dari pelaksanaan program kerja ini, saya membagikan modul atau kumpulan materi yang digunakan saat pelaksanaan program kerja kepada masyarakat sasaran sebagai buku pegangan yang bisa dijadikan referensi berkelanjutan untuk mengembangkan kreativitas dalam berbisnis terutama dalam situasi pandemi ini.

Demikianlah berakhirnya kegiatan pelaksanaan program kerja "Pengembangan Kreativitas pada Online-Shop yang Terdampak Pandemi Covid-19 di Desa Sari Mekar". Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membimbing dan membantu saya dalam pelaksanaan program kerja ini.

Sekian dan Terima Kasih



Tentang Penulis