Pelaksanaan Program Kerja Minggu ke-4 yakni Pembuatan Buku Panduan, Melakukan Serangkaian Sosialisasi Dan Evaluasi Kegiatan KKNbD 2021 di Desa Ekasari

Pada tanggal 27 – 30 Juli 2021 dilakukan persiapan pelaksanaan kegiatan KKNbD Minggu ke-4 yaitu melakukan koordinasi dan penyebaran informasi kepada masyarakat sasaran mengenai pelaksanaan kegiatan KKNbD pada minggu ke-4, pembuatan absensi online untuk pelaksanaan kegiatan KKNbD Minggu ke-4 dan pembuatan materi berupa PPT untuk persiapan pelaksanaan kegiatan KKNbD, penyusunan kuisioner online sebagai alat evaluasi terhadap tingkat keberhasilan pelaksanaan KKNbD Undiksha 2021 dengan program kerja, serta pembuatan buku panduan mengenai tata cara berkomunikasi baik dan benar dengan guru maupun teman melalui media sosial dalam proses pembelajaran. 

    Pada tanggal 31 Juli 2021 – tanggal 01 Agustus 2021 dilaksanakan kegiatan KKNbD Minggu ke-4 yaitu penyebaran Buku Panduan mengenai “Tata Cara Berkomunikasi Baik dan Benar dengan Guru Maupun Teman Melalui Media Sosial dalam Proses Pembelajaran” dan penyebaran Materi Sosialisasi mengenai “Dampak Dari Bahayanya Media Sosial Apabila Disalah Gunakan Dari Segi Komunikasi Lisan Maupun Tertulis Khususnya pada Proses Pembelajaran Secara Daring Beserta Solusinya"  secara daring yaitu melalui WhatsApp grup masyarakat sasaran kemudian di hari berikutnya melakukan sosialisasi mengenai "Dampak Dari Bahayanya Media Sosial Apabila Disalah Gunakan Dari Segi Komunikasi Lisan Maupun Tertulis Khususnya pada Proses Pembelajaran Secara Daring Beserta Solusinya". Langkah pertama yang dilakukan yaitu penyebaran informasi mengenai jadwal pelaksanaan kegiatan melalui WhatsApp grup masyarakat sasaran, kemudian penyebaran Buku Panduan dan Materi Sosialisasi melalui WhatsApp grup, kemudian pada kegiatan inti dilakukannya penyebaran link absensi, link meeting dan link kuisioner untuk masyarakat sasaran dan melakukan Sosialisasi. Setelah sosialisasi ditutup kemudian melakukan pengisian kuisioner oleh masyarakat sasaran menggunakan google form yang disebar melalui WhatsApp grup masyarakat sasaran. Langkah selanjutnya yang dilakukan yaitu mempublikasikan kegiatan ini melalui media sosial berupa Instagram. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan panduan terhadap masyarakat sasaran tentang tata cara berkomunikasi baik dan benar dengan guru maupun teman melalui media sosial dalam proses pembelajaran dan. Partisipasi masyarakat sasaran yaitu sebanyak 5 orang, di mana mereka berperan cukup aktif dalam kegiatan ini. Dalam kegiatan ini masyarakat sasaran berpartisipasi dan memberikan apresiasi yang baik terhadap kegiatan ini sehingga pelaksanaan kegiatan KKNbD Minggu ke-4 ini dapat berjalan dengan lancar dan baik. 


Link video implementasi proses pembinaan terhadap masyarakat sasaran secara daring pada kegiatan KKNbD 2021 Minggu ke-4



Tentang Penulis